Pengobatan Rumahan Untuk Gusi Terasa Nyeri

February 18, 2021 | Kaifia

Seorang wanita sedang nyeri gusi.

Penyakit gusi adalah kondisi yang menyebabkan peradangan pada jaringan lunak dalam rongga mulut yaitu gusi. Hal ini bisa disebabkan oleh kebiasaan yang buruk seperti menyikat gigi terlalu kencang, atau memakai kawat gigi.

Bagi wanita, penyebab timbulnya nyeri gusi terkait pada faktor perubahan hormonal, kehamilan dan menopause serta masa menstruasi yang mendekat. Berikut adalah beberapa penyebab penyakit gusi 

Sariawan. Sariawan bisa muncul di berbagai area di mulut termasuk gusi. Mereka umumnya muncul sebagai bercak merah di mulut dan terkadang memiliki lapisan putih. Belum ada pengobatan khusus untuk mengatasi sariawan. Sariawan bisa hilang dengan sendirinya dalam seminggu hingga 2 minggu. Jika kondisi ini mengganggu Anda secara terus menerus, hal tersebut bisa pertanda untuk berkonsultasi dengan dokter gigi.

Sinusitis. Infeksi bakteri atau virus di sinus bisa memicu pembengkakan rongga sinus. Beberapa penderita sinusitis juga cenderung mengalami sakit gusi.

Perubahan hormon. Hormon bisa memengaruhi gusi bagi wanita. Selama pubertas, lebih banyak darah yang mengalir ke gusi dan gejala seperti lunak, bengkak, dan nyeri dapat menyerang gusi. Hal ini juga akan menyebabkan nyeri pada masa menstruasi. Bagi wanita hamil, kadar hormon Anda dapat melonjak dan memengaruhi gusi Anda.

YesDok Ads

Pengobatan rumahan

Seseorang dengan nyeri gusi bisa menerapkan pengobatan di rumah untuk meredakan gejala.

Berkumur air garam. Anda bisa menyiapkan obat kumur dan mencampurkan 1 sendok teh garam dengan 250 ml air hangat

Terapkan kompres hangat. Panaskan air hingga suhu sedang dan tidak terlalu mendidih. Rendam kain di air hangat tersebut kemudian diperas. Tekan lembut kain tersebut di dekat area dimana gusi sedang terasa nyeri.

 

YesDok Ads