Pengobatan Rumahan Efektif untuk Cegah Jerawat

May 06, 2022 | Kaifia

Jerawat pada wajah

Jerawat adalah masalah yang umum dialami oleh banyak orang dari segala usia terutama pada anak remaja. 

Meskipun kita tidak mungkin dapat menghilangkan jerawat dalam sehari, namun pengobatan tertentu bisa membantu kita mengurangi noda kotor di wajah. 

Banyak pengobatan rumahan tidak memiliki dukungan secara ilmiah serta penelitian lebih lanjut diperlukan dalam hal ini. Tetapi jika Anda ingin mencari cara alternatif lainnya sebagai tambahan, pilihan pengobatan rumahan bisa meredakan jerawat.

Pengobatan rumahan

Oleskan teh hijau ke kulit Anda

Teh hijau memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi serta mampu meningkatkan kesehatan serta membantu mengurangi jumlah jerawat pada wajah.

Menurut penelitian tahun 2017, kandungan polifenol dalam teh hijau membantu melawan bakteri dan mengurangi inflamasi. 

Anda bisa membeli krim dan losion yang mengandung teh hijau.

YesDok Ads

Lembabkan wajah dengan Aloe Vera

Tak hanya memiliki sifat anti penuaan, namun aloe vera dapat membantu mengurangi peradangan dan menghilangkan noda kulit. 

Sebuah studi tahun 2018 menunjukkan bahwa gel lidah buaya jika dikombinasikan dengan krim tretinoin memiliki efek kuat yang bisa mengurangi jerawat membandel.

Mencoba suplemen minyak ikan

Minyak ikan mengandung asam lemak omega-3 eicosapentaenoic (EPA) dan docosahexaenoic (DHA). 

Seperti artikel yang dilansir oleh Healthline, sebuah studi menunjukkan bahwa menngonsumsi EPA mampu membantu mengelola produksi minyak, mencegah jerawat dan membantu kulit mempertahankan hidrasi yang cukup.

Tingkat EPA dan DHA telah terbukti dapat mengurangi faktor-faktor yang bisa berkontribusi terhadap peradangan yang berkontribusi pada jerawat.

YesDok Ads