Pengobatan Rumahan Bagi Penderita Hipotiroidisme

April 07, 2020 | Kaifia

Seorang wanita mengonsumsi yogurt sebagai probiotik

Hipotiroidisme adalah kondisi dimana kelenjar tiroid tidak menghasilkan hormon tiroid yang cukup, pengobatan yang standar untuk penderita hipotiroidisme  adalah minum obat pengganti hormon tiroid setiap hari. Tentu saja, obat-obatan seringkali datang dengan efek samping, dan lupa minum pil dapat menyebabkan banyak gejala. Dalam beberapa kasus, pengobatan alami dapat menyebabkan efek samping yang lebih sedikit dan lebih cocok dengan gaya hidup Anda.

Beberapa pengobatan rumahan untuk mengatasi hipotiroidisme

Selenium

Menurut National Institutes of Health (NIH), selenium adalah elemen yang berperan dalam metabolisme hormon tiroid. Banyak makanan di pasaran saat ini mengandung selenium, termasuk daging sapi (diberi makan rumput), tuna, kalkun, dan kacang Brazil.

Tiroiditis Hashimoto, serangan sistem kekebalan pada tiroid, seringkali mengurangi pasokan selenium tubuh. Penting untuk berkonsultasi dengan dokter Anda tentang berapa banyak selenium yang mungkin tepat untuk Anda karena setiap orang berbeda.

Mengonsumsi vitamin B

Mengambil suplemen vitamin tertentu dapat berdampak pada kesehatan tiroid Anda. Hormon tiroid yang rendah dapat memengaruhi kadar vitamin B-12 tubuh Anda. Mengonsumsi suplemen vitamin B-12 dapat membantu Anda memperbaiki beberapa kerusakan yang disebabkan oleh hipotiroidisme Anda.

Vitamin B-12 juga dapat membantu mengatasi kelelahan yang disebabkan oleh penyakit tiroid.

YesDok Ads

Mengikuti diet bebas gluten

Sementara penelitian saat ini tidak mendukung diet bebas gluten untuk pengobatan penyakit tiroid, banyak orang dengan tiroiditis dan Hipotiroidisme Hashimoto merasa lebih baik setelah menghindari gandum dan makanan lain yang mengandung gluten dari daftar menu makanan mereka.

Tetapi ada beberapa kelemahan untuk bebas gluten. Seperti biaya membeli makanan bebas gluten seringkali jauh lebih tinggi daripada makanan yang mengandung gandum. Dan beberapa makanan dalam kemasan, bebas gluten tidak sehat. Itu karena makanan ini sering memiliki kandungan lemak lebih tinggi dan serat lebih sedikit daripada produk yang mengandung gandum.

Probiotik

Suplemen probiotik mengandung bakteri hidup yang dapat membantu menjaga perut dan usus Anda tetap sehat. Selain bentuk suplemen, makanan dan minuman fermentasi, seperti kefir, kombucha, keju mentah, dan yogurt mengandung probiotik yang bermanfaat.

Diet bebas gula

Menghilangkan gula dari diet Anda dapat membantu mengatur tingkat energi dengan baik. Selain itu, menghilangkan gula dari diet Anda dapat membantu kulit dan tingkat stres Anda. Untuk menerapkan diet bebas gula memang tidak mudah, tetapi manfaatnya bagi kesehatan tiroid Anda mungkin sepadan.

(Foto: freepik.com)

YesDok Ads