Pengobatan Alami Untuk Mengatasi Konstipasi

August 08, 2020 | Kaifia

Seorang wanita sedang mengonsumsi serat.

Orang mungkin mengalami sembelit karena makanan yang mereka makan atau hindari, pilihan gaya hidup mereka, pengobatan yang mereka minum, atau kondisi medis yang mereka miliki.

Sembelit bisa dikategorikan dengan gejala berikut ini:

  • Sering buang air besar

  • TInja keras, kering, atau menggumpal

  • Kesulitan atau nyeri saat buang air besar

Berikut beberapa pengobatan alami bagi penderita konstipasi:

Minum air putih

Dehidrasi bisa membuat seseorang sembelit. Untuk mencegah ini, penting memenuhi cairan tubuh. Ketika seseorang mengalami sembelit, mereka mungkin merasa lega dengan meminum minuman berkarbonasi (bersoda). Ini dapat membantu mereka rehidrasi.

Namun mengonsumsi minuman berkarbonasi seperti minuman manis terkadang bukanlah ide yang baik, karena minuman ini dapat memiliki efek kesehatan yang berbahaya dan dapat memperburuk sembelit. Pastikan untuk minum air putih dengan cukup saat mengalami sembelit.

YesDok Ads

Makan makanan probiotik

Probiotik dapat membantu mencegah sembelit kronis. Probiotik adalah bakteri hidup yang terdapat di usus. Seseorang yang memiliki konstipasi kronis mengalami bakteri yang tidak seimbang dalam usus. Mengonsumsi lebih banyak makanan probiotik dapat membantu meningkatkan keseimbangan ini dan mencegah sembelit.

Makanan probiotik seperti kombucha, kimchi, dan yogurt. 

Hindari minum susu

Pada orang dengan intoleransi terhadap susu, mengonsumsi produk susu dapat menyebabkan sembelit karena efeknya pada pergerakan usus. Intoleransi laktosa atau produk susu bisa menyebabkan konstipasi bagi beberapa orang.

Konsumsi serat

Peningkatan asupan serat bisa membuat pergerakan usus lebih konsisten dan memudahkan mereka untuk melewati saluran pencernaan.

(Foto: fitpeople.com)

YesDok Ads