Pengobatan Alami Bagi Penderita Eksim

April 01, 2020 | Kaifia

Gel Aloe Vera

Obat rumahan dan perawatan alami dapat meringankan kulit kering dan gatal yang disertai eksim.

Zat alami, seperti gel lidah buaya dan minyak kelapa, dapat melembabkan kulit yang kering dan rusak. Mereka juga dapat memerangi peradangan dan bakteri berbahaya untuk mengurangi pembengkakan dan mencegah infeksi.

Inilah beberapa pengobatan alami untuk penderita eksim

Gel aloe vera

Tinjauan sistematis dari 2015 melihat efek lidah buaya pada kesehatan. Para peneliti melaporkan bahwa gel memiliki sifat-sifat berikut, seperti

  • Antibakteri

  • Antimikroba

  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

  • Penyembuhan luka

Efek antibakteri dan antimikroba dapat mencegah infeksi kulit, yang lebih mungkin terjadi ketika seseorang memiliki kulit yang kering dan pecah-pecah. Salah satu khasiat lidah buaya dapat meringankan kulit yang rusak dan meningkatkan penyembuhan luka.

Sari cuka apel

Sari cuka apel merupakan obat rumahan yang sangat populer untuk banyak jenis penyakit, termasuk gangguan kulit.

National Eczema Association (NEA) melaporkan bahwa sari cuka apel bisa membantu mengendalikan atau meringankan gejala eksim. Namun, mereka merekomendasikan untuk tetap berhati-hati, karena asam cuka dapat merusak jaringan lunak.

YesDok Ads

Mandi

Ketika seseorang memiliki gangguan kulit seperti eksim, kulit mereka membutuhkan kelembaban ekstra karena lapisan luar tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Bagi sebagian orang, mandi seringkali dapat mengeringkan kulit dan memperburuk eksim. Ini dapat terjadi ketika:

  • Menggunakan air yang terlalu panas atau dingin

  • Menggunakan sabun yang salah

  • Tidak melembabkan sesudahnya

Maka dari itu, hindari mandi terlalu sering. 

Mandi air panas dalam jangka waktu lama juga dapat menghilangkan minyak dan kelembaban alami dari kulit. Mandilah dengan air hangat atau sedang dan jaga agar air tetap hangat, tidak panas.

Setelah mandi, melembabkan kulit Anda dalam 3 menit setelah keluar dari kamar mandi. Tepuk-tepuk kulit dengan lembut menggunakan handuk dan oleskan pelembab berbahan dasar minyak sebelum kulit benar-benar kering. Ini bisa membantu menyegel air dari pancuran atau bak mandi sebelum menguap.

Madu

Madu adalah antibakteri dan anti-inflamasi alami, dan orang-orang telah menggunakannya untuk menyembuhkan luka selama berabad-abad.

Sebuah ulasan melaporkan bahwa madu dapat membantu menyembuhkan luka dan meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh, yang berarti madu dapat membantu tubuh melawan infeksi untuk eksim.

(Foto: freepik.com)

YesDok Ads