Pengaruh Stres Terhadap Kualitas Tidur

January 05, 2022 | Kaifia

Seorang wanita merasa stres

Stres dapat memengaruhi kualitas dan durasi tidur Anda. Kekurangan tidur dan stres dapat memiliki pengaruh pada kesehatan fisik dan mental. Ahli merekomendasikan agar orang tidur selama 7-9 jam setiap malam, tergantung pada usia dan faktor lainnya.

Penelitian telah menunjukkan bahwa tidur memainkan peran penting bagi berbagai proses tubuh. Ini termasuk perubahan fisik, seperti perbaikan otot, dan tugas mental, seperti konsentrasi.

Dampak tidur tidak cukup

Tidak cukup tidur dapat menyebabkan suasana hati yang negatif, energi rendah, sulit berkonsentrasi, dan ketidakmampuan umum untuk berfungsi seperti biasanya.

Kurang tidur mungkin memiliki konsekuensi parah terutama dalam kehidupan sehari-hari.

Menurut sumber laporan oleh CDC (Centers for Disease Control and Prevention), orang yang tidur kurang dari 7 jam per malam memiliki risiko lebih tinggi terhadap kondisi berikut:

  • Obesitas
  • Penyakit jantung
  • Diabetes
  • Depresi
  • Radang sendi

Hubungan antara stres dan kualitas tidur

Stres merupakan sebuah respon yang terdapat pada tubuh manusia maupun hewan agar membantu mereka mengatasi situasi penting atau berbahaya.

Bagi manusia, stres bisa mengakibatkan sistem saraf otonom untuk menghasilkan hormon, seperti adrenalin dan kortisol. Hormon ini meningkatkan detak jantung untuk mengedarkan darah kepada organ vital dan otot secara efisien, mempersiapkan tubuh untuk mengambil tindakan segera.

Berada dalam kondisi stres dapat berdampak pada kesehatan fisik dan mental dalam jangka panjang.

YesDok Ads

Salah satu efek dari stres adalah dapat menyebabkan kurang tidur. Sering berada dalam kondisi kewaspadaan yang tinggi dapat menunda timbulnya tidur dan menyebabkan pemikiran yang cepat dan cemas terjadi di malam hari. Kurang tidur mampu menyebabkan stres lebih lanjut.

Bagaimana mengatasi stres?

Meditasi 

Meditasi adalah teknik relaksasi yang dimaksudkan untuk membuat orang lebih sadar akan saat ini. Tujuannya adalah untuk mengakui semua pikiran, perasaan, dan perasaan yang terjadi di dalam dan di luar tubuh.

Jaga pola makan

Diet sehat dapat mengurangi efek stres, membangun sistem kekebalan tubuh, meningkatkan suasana hati, serta menurunkan tekanan darah tinggi. 

Sedangkan, tambahan gula dan lemak dapat memiliki efek sebaliknya yang dimana mampu memperparah stres. 

Aktivitas fisik

Aktivitas fisik dapat bermanfaat bagi kesehatan mental Anda serta penting bagi kesehatan tubuh Anda.

Penelitian menunjukkan bahwa efek latihan fisik dapat menjadikannya pengobatan yang cocok untuk kegelisahan dan gangguan terkait stres.

YesDok Ads