Penelitian, Vitamin C dan E Mampu Hindari Penyakit Parkinson

February 04, 2021 | Iman

Vitamin C

Vitamin C dan Vitamin E adalah dua vitamin penting larut lemak yang penting bagi tubuh agar berfungsi dengan baik. Kedua vitamin tersebut umumnya hadir dalam buah jeruk, sayuran, dan biji-bijian, kedua vitamin ini dikenal karena senyawa antioksidannya yang kuat.

Vitamin C membantu penyerapan zat besi, membantu penyembuhan luka dan menjaga kesehatan mata, sedangkan Vitamin E berperan penting dalam regenerasi sel. Selain itu, kedua vitamin tersebut membantu meningkatkan kekebalan dan meningkatkan kesehatan kulit. Tapi tahukah Anda jika kedua vitamin tersebut juga mampu mengurangi risiko penyakit Parkinson?

Sesuai studi baru yang diterbitkan dalam jurnal Neurology, asupan vitamin E dan C mampu menjadi penangkal risiko Parkinson. Para peneliti mencapai kesimpulan setelah mempelajari secara menyeluruh catatan kesehatan lebih dari 43.800 orang dewasa antara 18 hingga 94 tahun dari 1997 hingga 2016.

Mereka coba menganalisis pertanyaan mereka berdasarkan diet dan menyimpulkan bahwa diet memainkan peran penting dalam mengurangi risiko gangguan neurologis seperti penyakit Parkison. Menambahkan makanan yang kaya vitamin E dan C dapat membantu mencegah perkembangan penyakit Parkinson di kemudian hari.

YesDok Ads

Parkinson adalah penyakit gangguan progresif pada sistem saraf pusat yang memengaruhi gerakan. Gejala mulai muncul secara perlahan dan memburuk seiring usia. Tanda pertama mungkin berupa getaran yang hampir tidak terlihat hanya di satu tangan, kemudian dapat menyebabkan kesulitan dalam berjalan, menulis, berbicara, dan melakukan aktivitas sehari-hari.

Pada kasus penyakit ini, sel saraf tertentu di otak secara bertahap rusak atau mati. Kondisi tersebut menyebabkan hilangnya neuron yang bertanggung jawab untuk memproduksi pembawa pesan kimiawi di otak yang disebut dopamin. Ketika kadar dopamin dalam tubuh menurun, hal itu menyebabkan aktivitas otak menjadi tidak normal, gangguan gerak hingga gejala lainnya.

Tidak hanya untuk mengurangi risiko penyakit Parkison, disarankan harus mengonsumsi vitamin dan mineral dalam jumlah yang cukup untuk menjaga kesehatan. Pada orang dewasa, jumlah vitamin C harian yang direkomendasikan adalah 65 hingga 90 miligram (mg) sehari. Sumber umum nutrisi Vitamin C dapat diperoleh dari buah jeruk, lada, brokoli, bayam dan pepaya.

Sedangkan anjuran vitamin E untuk orang berusia 14 tahun ke atas adalah 22 IU (International Units). Makanan seperti biji bunga matahari, almond, labu, paprika merah adalah beberapa sumber vitamin E yang umum dan dapat dengan mudah dimasukkan ke dalam makanan.

YesDok Ads