Peneliti Temukan Penyebab Hilangnya Penciuman Saat Terpapar COVID-19

February 08, 2022 | Helmi

anosmia

Kehilangan indra penciuman dianggap sebagai ciri infeksi COVID-19 sejak awal pandemi. Dua tahun dalam krisis kesehatan global, para peneliti telah menemukan apa yang bisa menyebabkan gejala seperti itu.

Dalam sebuah studi baru yang diterbitkan dalam jurnal Cell Wednesday, tim peneliti mempresentasikan penemuan dan analisis mereka tentang mekanisme yang dapat menjelaskan mengapa pasien COVID-19 kehilangan indra penciuman selama infeksi.

Menurut tim, gangguan otonom non-sel dapat menjadi penyebab potensial hilangnya penciuman pasien – sebuah fenomena yang secara ilmiah disebut anosmia.

“Untuk mendapatkan wawasan tentang anosmia yang diinduksi COVID-19, kami mengeksplorasi konsekuensi dari infeksi SARS-CoV-2 pada hamster dan otopsi manusia dari epitel penciuman (OE), ”tulis para ilmuwan.

Mereka menambahkan bahwa selama penelitian, mereka menemukan bahwa tidak ada penipisan neuron sensorik penciuman, tetapi ada "penurunan regulasi gen reseptor penciuman (OR) yang signifikan" dan gen kunci lainnya dalam jalur pensinyalan reseptor penciuman.

Tim menguatkan temuan mereka dari eksperimen mereka dengan hamster dengan menganalisis otopsi OE dari pasien manusia yang meninggal. Mereka menemukan bahwa manusia juga mengalami penurunan gen pensinyalan OR dan OR.

“SARS-CoV-2 tidak dapat menginfeksi sel saraf penciuman secara langsung, tetapi mereka memicu serangkaian reaksi yang mengganggu berfungsinya jaringan penciuman,” kata para peneliti yang dipimpin oleh para ahli dari NYU Grossman School of Medicine dan Universitas Columbia.

YesDok Ads

Berdasarkan percobaan yang mereka lakukan, penulis menemukan bahwa keberadaan virus corona baru di dekat sel saraf jaringan penciuman menyebabkan masuknya sel kekebalan, mikroglia, dan sel T yang melawan infeksi. 

Sel-sel tersebut melepaskan sitokin yang mempengaruhi aktivitas genetik sel saraf penciuman.

“Temuan kami memberikan penjelasan mekanistik pertama tentang hilangnya penciuman pada COVID-19 dan bagaimana ini dapat mendasari biologi COVID-19 yang lama,” penulis koresponden Benjamin tenOever, Ph.D., profesor di Departemen Mikrobiologi di NYU Langone Health, seperti dikutip dari Neuroscience News.

Selain kemungkinan menjelaskan hilangnya penciuman, studi baru ini juga dapat menjelaskan efek lain dari COVID-19, seperti kabut otak, sakit kepala, dan depresi. Tetapi penelitian lebih lanjut masih diperlukan, menurut tim.

Bahkan dengan penemuan baru, masih banyak pekerjaan ilmiah yang diperlukan untuk menjelaskan sepenuhnya bagaimana virus corona berdampak pada indera penciuman. 

Dalam kebanyakan kasus, anosmia hanya berlangsung beberapa minggu. Anehnya, lebih dari 12% kasus menderita gangguan penciuman beberapa bulan setelah infeksi. 

Beberapa bahkan berurusan dengan penurunan kemampuan untuk mencium (hiposmia) atau persepsi yang berubah dari bau yang sama (parosmia).

YesDok Ads