Peneliti: Kecanduan Smartphone Mirip dengan Kecanduan Narkoba

February 25, 2020 | Helmi

kecanduan smartphone

Smartphone memang sudah menjadi lebih dari sekadar alat berkomunikasi. TIdak hanya digunakan untuk telepon dan chatting, ponsel pintar sudah bisa melakukan banyak hal seperti menjelajah dunia maya, menonton video, mendengarkan musik, bermain game, dan lain sebagainya.

Melihat beragam fungsi dan kemudahan yang ditawarkannya, maka tak heran jika banyak orang betah berlama-lama menghabiskan waktu dengan smartphone. Bahkan tak sedikit juga yang sulit untuk lepas dari ponsel pintar, atau bisa juga disebut kecanduan.

Sebuah studi yang dilakukan peneliti menemukan bahwa kecanduan smartphone diklasifikasikan sama dengan kecanduan pada obat-obatan terlarang.

Penelitian yang melibatkan alat MRI tersebut menemukan fisik otak yang berubah pada orang yang mengalami kecanduan smartphone sama dengan pecandu narkoba. Tes ini dilakukan pada 48 orang, dan 22 di antaranya dikategorikan memiliki kecanduan ponsel pintar.

YesDok Ads

Menurut para peneliti dari Universitas Heidelberg, "Mengingat penggunaannya yang meluas dan popularitasnya yang meningkat, penelitian ini mempertanyakan ketidakberesan smartphone, setidaknya pada individu yang mungkin berisiko lebih tinggi untuk mengembangkan perilaku adiktif terkait smartphone."

Untuk menghindari kecanduan pada smartphone, sebenarnya ada beberapa cara yang bisa Anda coba lakukan. Seperti Anda harus memilik sikap bahwa Anda tidak akan memeriksa telepon Anda jika dirasa tidak perlu. Selain itu, Anda bisa mematikannya atau mengurangi waktu dari penggunaan Smartphone. 

Atau Anda bisa melakukan kegiatan lainnya dengan produktif dan positif, setelah melakukan banyak kegiatan dalam sehari, anda boleh saja menggunakan Smartphone Anda kembali.

(Foto: Health Essential)

YesDok Ads