Penderita Sakit Maag Akut, Pantang Makan Ini

January 16, 2020 | Kaifia

Seorang wanita sedang mengonsumsi obat.

Anda memiliki keluhan maag? Sakit maag merupakan penyakit lambung yang sangat mengganggu. Sakit maag terkadang tiba-tiba muncul saat menjalankan aktivitas. Biasanya orang yang terserang penyakit maag adalah orang yang punya kebiasaan pola makan tidak teratur.

Meski sering muncul, sebaiknya sakit maag tidak boleh dianggap remeh karena jika diabaikan, sakit maag akan semakin kronis dan menyebabkan rusaknya lambung. Terdapat beberapa jenis makanan pemicu maag akut, Anda wajib mengetahui dampak jika masih terus mengonsumsi makanan ini apalagi sampai berlebihan. Berikut makanan yang sebaiknya Anda hindari itu. 

Susu olahan tinggi lemak

Segala jenis makanan yang berasal dari susu yang diolah dan memiliki lemak tinggi seperti mentega yang memiliki kadar lemak tinggi harus dihindari. 

Gorengan

Agar terhindar dari maag akut sebaiknya hindari konsumsi gorengan yang terlalu banyak. Gorengan dapat mempengaruhi naiknya gas asam dalam lambung, oleh karena itu mengonsumsi gorengan dapat memicu rasa nyeri pada kerongkongan dan ulu hati atau disebut heartburn.

Produk fermentasi

Mengonsumsi secara berlebihan beberapa jenis produk hasil fermentasi seperti tape dan oncom sebaiknya dihindari agar maag tidak menjadi akut.

YesDok Ads

Cokelat

Kandungan kafein dan stimulan lain pada cokelat dapat memicu naiknya kadar asam di dalam lambung. 

Minuman bersoda

Minuman yang mengandung soda bukanlah minuman sehat untuk dikonsumsi sebagai minuman harian. Minuman soda terbukti berbahaya jika dikonsumsi dalam jangka panjang dan dosis tinggi. Jenis minuman berkarbonasi ini akan memicu naiknya kadar asam di dalam lambung. 

Buah-buahan mengandung gas

Buah nanas, nangka, rambutan, durian merupakan contoh dari beberapa jenis buah-buahan yang mengandung gas. Mengonsumsi buah-buahan tersebut dapat memicu naiknya kadar asam lambung sehingga membuat sakit maag kambuh.

(Foto: healthline.com)

YesDok Ads