0 Point
Asupan yang Harus Dihindari Penderita Hipertensi

Penderita Hipertensi, Hindari Asupan Ini!

Untuk mencegah hipertensi dapat dilakukan dengan mengubah pola hidup dan mengatur pola makan secara rutin. Asupan gizi yang cukup, konsumsi air putih  dan belorahraga secara teratur dapat memperkecil kemungkinan menderita hipertensi. 

Sementara itu, penderita hipertensi harus memperhatikan dan mencermati asupan sehari-hari, karena makanan yang dikonsumsi berpengaruh terhadap tekanan darah.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyarankan agar asupan garam dalam sehari dibatasi, yaitu konsumsi garam sebaiknya kurang dari 5 gram per hari. Hal ini dikarenakan, garam dan natrium dapat mempengaruhi tekanan darah, sehingga mengontrol dan mambatasi konsumsi garam dapat menjaga tekanan darah dan mengurangi risiko hipertensi. 

Beberapa makanan tidak disankan untuk dikonsumsi penderita darah tinggi atau hipertensi karena dapat mempengaruhi tekanan darah dalam tubuh. Berikut ini pantangan asupan yang harus dihindari penderita hipertensi atau darah tinggi.

1. Garam

Garam atau natrium dapat mengikat cairan yang menyebabkan peningkatan volume darah sehingga dapat mengakibatkan tekanan darah meningkat. Penderita hipertensi perlu membatasi asupan garam untuk menghindari resiko lanjutan. Konsumsi garam pada penderita hipertensi maksimal 1.500 miligram per hari atau setara dengan 1 sendok teh.

2. Kulit Ayam

Kulit ayam mengandung lemak jenuh dan lemak trans sehingga sebaiknya penderita hipertensi menghindari mengkonsumsi kulit ayam, terlebih lagi jika cara pengolahannya dengan cara di goreng.

3. Acar

Acar merupakan makanan yang dibuat dengan tujuan untuk penyimpanan jangka panjang yang terdiri dari potongan sayuran, seperti timun dan wortel. Dalam membuat acar biasanya ditambahkan garam agar lebih awet sehingga kurang baik dikonsumsi penderita hipertensi.

4. Makanan dan Minuman Manis

Makanan dan minuman manis dengan kalori dan gula yang tinggi dapat membuat berat tubuh bertambah lebih cepat. Tubuh yang kelebihan berat badan dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Tumpukan lemak juga menyebabkan jantung harus bekerja lebih ekstra. Oleh sebab itu, membatasi konsumsi makanan dan minuman manis baik untuk mencegah hipertensi.

5. Alkohol

Sering mengkonsumsi alkohol dapat memicu tekanan darah tinggi. Selain itu, alkohol juga dapat merusak dinding pembuluh darah dan meningkatkan komplikasi lebih lanjut.

(Foto: herminahospital)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

INDONESIA
SINGAPORE
YesDok Pte. Ltd.
LAYANAN PENGADUAN KONSUMEN
  Customer Service :
help@yesdok.com
 
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga-Kementerian Perdagangan RI
: +6285311111010
CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok