Penanganan Rumahan Bagi Kulit Terbakar

June 05, 2020 | Iman

Mengoleskan pelembab

Kondisi kulit terbakar memang amat mengganggu. Efek dari terbakar berisiko sebabkan kanker kulit, seperti karsinoma sel basal dan skuamosa, juga sebagai melanoma. Oleh karenanya diperlukan penanganan tepat seperti penggunaan rutin tabir surya.

Anda mungkin tidak dapat menggunakan tabir surya sepanjang hari, beberapa produk bahkan tidak cocok bagi kulit. Para ahli mengatakan sebetulnya ada cara alternatif untuk atasi kulit terbakar. Berikut adalah beberapa yang Anda perlukan.

1. Hindari Sabun

Setelah seharian aktivitas di bawah sinar matahari, hal pertama yang mungkin ingin Anda lakukan adalah mandi. Ini adalah anjuran yang benar, namun bisa juga salah. Mandi dengan sabun badan terkadang membuat kulit menjadi kering.

Jika Anda terbiasa dengan sabun, mandilah dengan sabun tanpa busa yang biasanya terdapat pada produk bayi. Residu sabun terkadang justru membuat kulit terbakar Anda terasa lebih buruk.

2. Gunakan Teh

Asam tanat yang terdapat dalam teh hijau ataupun teh hitam dapat membantu menarik panas dari sengatan matahari, sementara antioksidan katekin bekerja memperbaiki kerusakan kulit. Rendam dua kantong teh dalam dalam air dingin dan letakkan di area yang terbakar.

3. Manfaatkan Es

Kompres es dengan kain lembab dan tahan di atas luka bakar Anda. Cara ini akan menyerap sebagian panas dari kulit, menyempitkan pembuluh darah, dan mengurangi pembengkakan. Oleskan beberapa kali sehari selama 10 hingga 15 menit menurut ahli dermatogis Dr. Michael Schreiber.

4. Cukupi Hidrasi

YesDok Ads

Anda perlu minum banyak air untuk membantu melawan efek kering akibat sengatan matahari. Mengonsumsi buah-buahan dan sayuran yang bersifat melembapkan, seperti semangka, timun, stroberi, tomat, dan jeruk juga tepat membantu nutrisi dan miliki kandungan air melimpah.

5. Gunakan Pelembab Rutin

Gunakan lotion atau pelembab secara rutin jika perlu. Namun para ahli menyarankan hindari produk yang mengandung "petroleum" karena dapat terperangkap dalam panas. Sebaliknya, cari yang memiliki ekstrak lidah buaya yang kaya akan vitamin E bagi kulit.

6. Gunakan Minyak Kelapa

Anda dapat mencoba minyak kelapa di kulit Anda yang terbakar.

Gunakan minyak kelapa organik lalu kompres perlahan di area yang melepuh. Hindari menggunakan minyak kelapa di wajah Anda jika Anda berjerawat, karena dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan berjerawat.

Bagaimana mencegah kulit terbakar?

Dibutuhkan waktu 3 hingga 6 bulan untuk kulit Anda kembali normal, kata Schreiber. Namun untuk pencegahan Anda cukup rutin menggunakan tabir surya atau pelembab saja secara rutin.

“Ketika Anda terkena sengatan matahari, lapisan kulit akan lebih sensitif daripada kulit Anda sebelumnya," Schreiber menambahkan.

(Foto: medicalnewstoday)

YesDok Ads