Pembalut atau Menstrual Cup, Lebih Nyaman Mana?

January 10, 2021 | Aqiyu

menstruasi

Mentruasi merupakan siklus bulanan yang terjadi pada wanita normal. Saat menstruasi ini tentu Anda memerlukan alat bantu untuk menampung darah yang keluar. Biasanya wanita akan menggunakan pembalut. Namun saat ini muncul menstrual cup yang semakin populer dan banyak peminatnya. Lalu lebih nyaman mana antara pembalut dan menstrual cup untuk digunakan saat menstruasi?

Pembalut

Hingga saat ini wanita di Indonesia lebih sering menggunakan pembalut biasa yang terbuat dari bahan kapas yang lembut. Pembalut dapat menampung darah haid dengan cara diserap langsung ke dalam kapas. Penggunaanya pun terbilang praktis dan mudah digunakan hanya dengan menempelkannya ke celana dalam.

Pembalut biasa tersedia berbagai ukuran sesuai dengan kebutuhan, harganya terjangkau dan bisa digunakan oleh siapa pun termasuk wanita yang masih perawan. Dibalik kepraktisannya, pembalut ini tidak bisa dipakai berulang-ulang alias sekali ganti. Anda harus menggantinya sekitar 3-4 jam sekali atau bahkan lebih sering. Hal ini membuat pembalut dianggap tidak ramah lingkungan dan tidak bisa dipakai untuk olahraga tertentu seperti berenang. Namun, dengan pemakaian sekali buang berarti Anda telah menjaga kebersihan area vagina selama menstruasi.

Menstrual cup

YesDok Ads

Menstrual cup terbuat dari bahan silicon berbentuk corong. Menstrual cup ini dapat menampung darah haid dalam waktu yang relatif lebih lama yakni selama 12 jam tanpa adanya kebocoran. Daya tampungnya dapat mencapai 30 ml.

Banyak yang mengatakan jika menstrual cup lebih efektif digunakan saat haid daripada menggunakan pembalut. Didukung oleh sebuah studi yang menyebutkan bahwa pemakaian menstrual cup ini adalah produk aman dan efektif. Terlebih penggunaan menstrual cup ini dapat digunakan berulang kali sehingga lebih ramah lingkungan.   

Kelebihan menstrual cup juga dapat dipakai untuk berenang, tidak perlu ganti sesering menggunakan pembalut dan bisa digunakan saat Anda menggunakan berbagai jenis pakaian tanpa khawatir menonjol. Sedangkan mengenai tingkat kebocoran menstrual cup lebih sedikit daripada pembalut.

Namun menstrual cup memiliki kekurangan, diantaranya harganya yang relatif lebih mahal dibandingkan pembalut biasanya. Masih sulit ditemukan di toko atau minimarket, Anda harus mencari ukuran yang sesuai karena cara kerjanya dilipat dan dimasukkan ke dalam lubang vagina, sehingga produk ini tidak cocok bagi wanita yang masih perawan. Anda pun mungkin akan kesulitan menggunakan jika belum terbiasa.

(Foto: freepik)

YesDok Ads