Pedoman Makan Sehat untuk Menopause

December 28, 2019 | Iman

Wanita dengan menopause

Menopause adalah proses alami bagi wanita. Menopause merupakan proses terhentinya menstruasi karena faktor penuaan. Biasanya terjadi pada wanita matang diatas 50 tahun. 


Menopause biasanya ditandai dengan berhentinya menstruasi setidaknya 12 bulan. Tetapi terkadang tidak, ada kala di mana Anda berhenti menstruasi dan bulan berikutnya datang lagi. Apa yang terjadi di sela-sela garis tersebut disebut perimenopause. 


Kehadiran menstruasi yang tidak teratur tersebut menyebabkan ledakan hormon. Hormon mungkin dalam kekacauan total, sehingga tidak jarang Anda mudah marah hingga terganggu emosional lainnya. Oleh karena itu banyak bagi wanita dewasa memikirkan pengobatannya baik dalam bentuk obat, suplemen, hingga pola makan. Dilansir Times of India, saran-saran berikut dapat membantu Anda tetap sehat kala hadapi menopause. 

 
1. Makan Sehat dan Seimbang

Anda mungkin melihat perubahan berat badan, maka jangan biarkan ini memicu emosi berkelanjutan yang membuat Anda merasa perlu mempertahankan skala tubuh. Makanlah secara bersih, sehat dan seimbang agar tetap tenang. Jika perlu gunakan bantuan profesional dalam upaya mempertahankan nutrisi Anda. 


2. Diet Jantung Sehat

Tahukah Anda baik perimenopause dan menopause dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Penting bagi Anda untik batasi lemak jenuh, lemak trans, hingga asupan gula dan karbohidrat. 


Gantilah dengan campuran lemak sehat omega 3 yang terdapat di ikan hingga kacang-kacangan. Biji wijen dan out juga dapat meningkatkan kadar estrogen dalam tubuh yang mungkin berguna selama perimenopause. 

YesDok Ads


3. Penuhi Kalsium dan Vitamin D 

Kedua kombinasi vitamin ini penting untuk menjaga kesehatan tulang keropos kala menopause. Sumber kalsium yang baik terdapat diproduk susu. Lengkapi juga dengan asupan suplemen omega 3 yang tak kalah pentingnya. 


4. Fisik yang Aktif

Aktivitas fisik membantu menjaga berat badan yang sehat, menjaga tulang tetap kuat serta mengurangi risiko penyakit jantung. Disarankan bagi orang dewasa berolahraga 30 menit dalam sehari untuk fisik yang lebih bugar. 


5. Lengkapi dengan Multivitamin

Beberapa kandungan multivitamin seperti Vit E, magnesium, kalsium, B6, B12 & vitamin B kompleks lainnya penting selama fase menopause. Perimenopause adalah fase yang bisa jadi amat sulit bagi wanita. 


Cobalah konsultasi pada dokter ahli terkait fenomena ini. Peran dan dukungan kerabat terdekat tidak kalah pentingnya bagi wanita dalam hadapi menopause. 

(Foto: scmp.com)

YesDok Ads