Diet
+1

Pastikan Kebutuhan Vitamin C Anda Tercukupi dengan Konsumsi Ini

December 17, 2021 | Claudia

Jambu

Jeruk, bukan satu-satunya buah yang mengandung tinggi vitamin C. Nyatanya, ada banyak sekali buah dan sayuran yang juga mengandung vitamin C atau bahkan lebih tinggi kandungannya dibandingkan dengan buah jeruk.

Vitamin C tidak hanya merupakan antioksidan yang kuat, yang bisa melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, namun juga membantu tubuh membuat kolagen, menyerap zat besi, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Untuk memastikan kebutuhan akan vitamin C Anda tercukupi, maka cobalah konsumsi makanan-makanan ini:

Pepaya

Setiap 100 g pepaya mengandung 60,9 mg vitamin C. Pepaya juga merupakan sumber vitamin A yang baik, yang penting untuk kesehatan mata.

Jambu biji

Setiap 100 g jambu biji, terkandung sekitar 228,3 mg vitamin C. Tak hanya itu, jambu biji juga kaya akan serat larut yang bisa menyehatkan usus.

Cabai rawit

Kabar baik bagi Anda yang suka pedas, karena satu buah cabai rawit saja mengandung sekitar 6,6 mg vitamin C. Alasan yang baik untuk makan cabai bukan?

Tomat

Dalam setiap 100 g tomat, terkandung 13,7 mg vitamin C. Tak hanya itu, tomat juga mengandung likopen, yakni antioksidan karotenoid dengan kemampuan melawan kanker.

Brokoli

Per 100 g brokoli, terkandung sekitar 89,2 mg vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh. Sayangnya, memasak atau mengolah brokoli bisa menurunkan kadar vitamin C, untuk itu, sebaiknya brokoli hanya dikukus atau dihangatkan dengan microwave, agar Anda mendapatkan manfaat vitamin C dengan maksimal.

(Foto: restaurant-hospitality.com)

YesDok Ads