Pasta Gigi Baking Soda, Apa Khasiatnya?

September 05, 2019 | Claudia

Merawat kesehatan mulut dan gigi merupakan satu hal penting yang harus Anda lakukan. Bagaimana caranya? Tentu dengan membersihkan lidah dan membersihkan gigi secara rutin menggunakan sikat dan pasta gigi, atau bahkan dengan flossing gigi.

Pasta gigi merupakan salah satu produk umum yang kita gunakan setiap hari untuk membersihkan gigi, dari sisa-sisa makanan dan bakteri penyebab masalah gigi. Banyak produk pasta gigi menawarkan sejumlah manfaat yang berbeda, mulai dari mencegah gigi berlubang, memutihkan gigi, memperkuat gigi, mengatasi gigi sensitif, dan lain-lain.

Tapi, pernahkah Anda mencoba cara lain untuk membersihkan gigi Anda? Jika belum, salah satu yang patut Anda coba ialah membersihkan gigi dengan baking soda. Pasta gigi alami yang terbuat dari baking soda dipercaya dapat membantu Anda mendapatkan gigi yang putih dan senyum menawan. Selain itu, pasta gigi dari baking soda juga mampu menyingkirkan bau tak sedap dari mulut. Pasta gigi alami ini pun digadang-gadang aman untuk seluruh anggota keluarga.

Tanpa perlu berlama-lama, berikut tips membuat pasta gigi dari baking soda:

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

YesDok Ads

  • 2/3 cangkir baking soda
  • 1 cangkir air
  • 2-3 tetes ekstrak mint

Cara membuat:

  1. Masukkan baking soda ke dalam sebuah mangkuk.
  2. Selanjutnya, tambahkan air sedikit demi sedikit sampai baking soda membentuk pasta yang sedikit padat.
  3. Tambahkan ekstrak mint ke dalam campuran ini dan aduk hingga merata. 
  4. Pastikan pasta yang Anda buat bertekstur padat dan tidak mudah hancur.
  5. Taruh pasta gigi baking soda dalam sebuah wadah kering untuk digunakan di lain hari.
  6. Anda dapat menggunakan pasta gigi ini setiap hari, bahkan mengganti pasta gigi yang sebelumnya Anda gunakan.

Coba gunakan secara rutin selama satu minggu, dan lihatlah perubahannya pada gigi Anda. Meski baking soda merupakan salah satu bahan pengolah makanan, namun bukan berarti pasta gigi baking soda bisa Anda telan begitu saja. Gunakan pasta gigi baking soda selayaknya pasta gigi harian Anda.

Apabila pasta menjadi terlalu kering, Anda juga bisa menambahkan air sedikit demi sedikit hingga pasta mencapai tekstur yang diinginkan. Tempatkan pasta gigi baking soda pada sebuah wadah yang kedap udara agar pasta bisa tahan lebih lama.

(Foto: mydentistburbank.com)

YesDok Ads