Pantangan Sakit Tifus Ini Penting untuk Diketahui

March 06, 2023 | Iman

Pantangan Sakit Tifus

Tifus atau demam tifoid adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi. Apabila penderitanya tidak menunjukkan gejala berat, biasanya dokter akan menyarankan penderita untuk melakukan pengobatan dari rumah dan memperhatikan berbagai pantangan sakit tifus agar proses pemulihannya lebih cepat.

Pantangan Sakit Tifus

Lantas, apa saja pantangan sakit tifus yang perlu diperhatikan?

1. Minum Air Sembarangan

Pantangan sakit tifus yang pertama adalah mengonsumsi minuman yang kurang terjaga kebersihannya. Saat mengidap tifus, usahakan menghindari minum air mentah dari keran ataupun air kemasan isi ulang.

Minuman yang tidak higienis dapat menyebabkan kondisi tifus semakin memburuk, karena tak menutup kemungkinan bahwa air tersebut telah terkontaminasi bakteri Salmonella typhi.

Sebaiknya, pilihlah minuman matang, air kemasan botol, atau minuman ringan dalam kemasan. Selain itu, penderita tifus juga disarankan menggunakan air matang untuk berkumur guna menghindari kemungkinan menelan air mentah.

2. Tidak Menjaga Kebersihan

Ketika sedang terkena tifus, usahakan untuk selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah dari toilet. Pasalnya, bakteri Salmonella di dalam tubuh dapat berpindah ke feses kemudian ke tangan ketika membilas tubuh setelah buang air besar.

Selanjutnya, bila Anda menyentuh benda lain tanpa mencuci tangan, bakteri bisa berpindah ke benda tersebut dan menularkan pada orang lain yang juga menyentuhnya. Itulah mengapa penderita tifus diharuskan menjaga kebersihan untuk mencegah penyebaran.

YesDok Ads

3. Melakukan Aktivitas Berat

Pantangan sakit tifus berikutnya adalah melakukan aktivitas fisik yang berat. Ketika sedang terjangkit tifus, tubuh memerlukan energi untuk melawan bakteri Salmonella typhi sehingga penderitanya harus beristirahat dengan cukup dan diimbangi dengan mengonsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang.

Biasanya, dokter juga akan menyarankan penderita tifus untuk cuti bekerja atau absen sekolah agar bisa beristirahat dan tidur dengan cukup. Hal ini akan membantu perbaikan sel dan jaringan tubuh yang rusak akibat infeksi. Dengan begitu, proses pemulihan bisa lebih cepat.

4. Berhubungan Seksual

Melakukan hubungan seksual juga menjadi salah satu pantangan sakit tifus yang lebih baik dihindari sementara waktu untuk mencegah penularan. Pasalnya, kontak langsung selama aktivitas seksual dapat memicu penyebaran bakteri Salmonella typhi, sehingga dapat menularkan tifus pada pasangan.

5. Pantangan Makanan Sakit Tifus

Pantangan sakit tifus tidak hanya sebatas beberapa aktivitas di atas. Pasalnya, penderita tifus juga disarankan untuk menghindari sejumlah makanan agar gejalanya tidak semakin memburuk, seperti makanan tinggi kalori, tinggi serat, atau makanan pedas.

YesDok menyediakan dokter profesional yang memungkinkan Anda berkonsultasi dari mana saja dan kapan saja. Konsultasi keluhan dan tanya dokter mengenai masalah kesehatan Anda dengan dokter spesialis di aplikasi YesDok.

(foto: metropolis)

YesDok Ads