Diet
+1

PANTANGAN PENDERITA SAKIT MAAG

February 24, 2021 | Dr. Marshell Timotius Handoko, S.Ked

sakit maag

Keluhan sakit maag adalah keluhan pasien yang paling banyak disampaikan di klinik. Sakit maag sendiri menjadi istilah umum yang paling sering dipakai saat seseorang mengalami mual, muntah, kembung, sering bersendawa hingga keluhan nyeri pada uluhati atau area perut. 

Sakit maag sendiri secara patofisiologi disebabkan karena produksi asam lambung yang berlebih sehingga memicu kondisi lambung dan saluran cerna memproduksi gas berlebih. Asam lambung berlebih bisa mengakibatkan kondisi teriritasinya saluran cerna sehingga muncul rasa nyeri atau perih yang biasa dikeluhkan. 

Kondisi lain seperti lemas, sakit kepala, pusing berputar bisa juga menyertai akibat dari kondisi sakit maag yang sedang akut. 

YesDok Ads

Berikut pantangan yang harus diperhatikan pada penderita sakit maag:

  1. Pantang terlambat makan
    Saat lambung kosong di jam atau waktu makan, maka asam lambung tetap akan diproduksi. Kondisi ini yang seringkali mengakibatkan seseorang mengalami sakit maag. 
  2. Pantang makanan pedas berlebihan
    Sudah tidak menjadi rahasia, makanan pedas akan menyebabkan rasa panas di saluran cerna. Kondisi panas akibat makanan pedas dapat menyebabkan iritasi pada lambung dan saluran cerna
  3. Pantang makanan tepung-tepungan
    Makanan dengan tepung tinggi seperti mie instant, seblak dan olahan tepung-tepungan lainnya bisa menjadi pemicu sakit maag. Makanan tepung-tepungan akan diolah lebih lama di lambung dan saluran cerna, kondisi tersebut memicu produksi asam lambung berlebih
  4. Pantang makanan asam
    Tentunya jika kondisi seseorang sudah memiliki produksi asam lambung berlebih, maka jika ditambah dengan konsumsi makanan bersifat asam maka akan meningkatkan kadar asam di lambung yang bisa memicu sakit maag
  5. Pantang coklat
    Banyak yang belum mengetahu bahwa ternyata coklat juga bisa memicu produksi asam lambung berlebih
  6. Pantang minuman kopi, soda, alkohol
    Selain memicu produksi asam lambung berlebih, minuman seperti soda dan alkohol juga bisa bersifat iritatif bagi dinding saluran cerna. Untuk minuman teh dan susu baiknya dikonsumsi setelah makan berat
  7. Pantang stres berlebihan
    Stres merupakan hal wajar dalam kehidupan, namun stres berlebih yang tidak diimbangi manajemen stres yang baik bisa memicu produksi asam lambung berlebih ternyata. 

Jika anda mengalami kondisi sakit maag, jangan abaikan karena bisa anda sekedar atasi dengan penggunaan obat maag. Pada kondisi maag kronis bisa menjadi berbahaya jika  terjadi perlukaan yang menyebabkan perdarahan saluran cerna. Segera konsul ke dokter YesDok untuk kondisi sakit maag anda. 

YesDok Ads