Pantangan Makanan Setelah Operasi Caesar

October 04, 2021 | Aqiyu

kehamilan

Operasi caesar merupakan salah satu cara untuk melahirkan bila persalinan normal tidak memungkinkan. Operasi caesar bisa dilakukan pada ibu dengan kehamilan yang sehat. Jadi, operasi caesar bukan hanya dilakukan karena adanya penyakit. Untuk penyembuhannya akan sempurna bila bekas luka tidak disertai dengan komplikasi.

Ibu yang akan menjalani operasi caesar tidak perlu khawatir akan bekas luka jahitannya. Sebab, dengan metode yang saat ini ada, kerusakan jaringan pada luka akan minimal. Obat-obatan yang diberikan pada ibu pasca operasi caesar akan diberikan seperlunya. Dokter biasanya akan menghimbau agar tidak mengonsumsi jamu karena dikhawatirkan kualitasnya yang kurang baik.

Selain itu, Anda mungkin bertanya-tanya apakah ada pantangan makanan usai operasi caesar. karena terkait bekas luka apakah makanan dapat memengaruhinya. Sebenarnya, setelah operasi tidak ada pantangan makanan atau minuman. Namun, Anda harus menjaga asupan yang masuk ke dalam tubuh agar membantu pemulihan semakin cepat. Pasca operasi caesar pilihlah makanan yang bergizi dan istirahat yang cukup. Adapun makanan yang sebaiknya dihindari setelah operasi caesar sebagai berikut:

Makanan pedas

Jika Anda penggemar makanan pedas, sebaiknya Anda menahan diri untuk mengonsumsinya setelah operasi caesar. Mengonsumsi makanan pedas bisa menyebabkan perut kembung dan diare. Jika Anda mengalami diare, maka Anda akan sering ke toilet dan banyak mengejan. Sementara saat pemulihan sebaiknya hindari hal tersebut.

Makanan pemicu sembelit

YesDok Ads

Sembelit akan membuat Anda berusaha mengejan dengan keras dan ini akan memberikan dampak yang tidak nyaman pada bekas luka. Pilihlah makanan berserat tinggi dan mengandung banyak air untuk membantu proses pemulihan luka.

Gorengan

Sulit rasanya untuk tidak tergoda dengan gorengan. Namun sayang, gorengan adalah salah satu makanan yang sebaiknya dihindari selama pemulihan pasca operasi. Mengonsumsi gorengan yang berlebihan dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan perut kembung.

Makanan dan minuman pemicu batuk

Hampir sama seperti gorengan, hindari pula makanan dan minuman yang dapat menyebabkan Anda mengalami batuk. Batuk setelah operasi caesar sangat menyiksa dan membuat bekas luka terasa nyeri. Apalagi Anda akan memasuki tahap menyusui, sebaiknya mengonsumsi makanan dan minuman yang bernutrisi dan bergizi.

YesDok Ads