Panik Menyerang, Apa yang Harus Dilakukan?

February 19, 2022 | Claudia

Panik

Panik merupakan hal yang wajar terjadi pada seseorang ketika mengalami masalah dan menghadapi hal-hal mengejutkan dengan risiko tidak jelas. Akan tetapi, beberapa orang mengalami serangan panik yang lebih parah, yang bahkan bisa sangat mengganggu kualitas hidupnya.

Saat mengalami gangguan panik, Anda sangat disarankan untuk menjalani terapi dengan profesional, seperti psikolog atau psikiater. Namun, jika panik yang Anda rasakan tidak berlebihan, Anda bisa mencoba tips berikut ini:

Minum air

Jika Anda mengalami serangan panik, tenggorokan akan terasa seperti tercekat. Beberapa orang bahkan sampai merasakan mulut kering. Hal ini mungkin terjadi akibat zat kimia pada otak yang dilepaskan oleh tubuh dalam adrenalin. Meminum air yang dingin dapat membantu meringankan gejala panik ini.

Atur napas

Saat panik menyerang, napas cenderung berubah cepat dan pendek, dan ini bisa menyebabkan sakit kepala Cobalah untuk mengatur napas Anda. melakukan latihan pernapasan panjang bisa sangat membantu. Tarik napas dalam hitungan satu sampai lima lalu buang dalam hitungan enam sampai sepuluh. Usahakan bernapas melalui perut untuk dapat menangkal pusing yang disebabkan oleh panik.

YesDok Ads

Buang pikiran negatif

Pikiran negatif sering datang saat kita hendak menghadapi suatu hal, terlebih hal-hal yang baru. Pikiran-pikiran seperti "Bagaimana kalau terjadi sesuatu pada diri saya?" ini kerap kali memperparah keadaan.

Untuk mengatasi hal ini, Anda harus mengubah dialog internal diri Anda. Perbanyaklah pikiran positif dan kurangi pikiran-pikiran yang hanya akan menambah kepanikan dalam diri Anda.

Hirup aroma harum

Aroma-aroma harum dapat dengan cepat menenangkan otak. Ini mengapa menghirup aroma harum dapat meredam panik yang mengganggu Anda. Pakailah parfum yang memiliki aroma harum favorit Anda. Jika panik mulai menyerang, semprotkan parfum di pergelangan tangan, dan hiruplah untuk mendapatkan sensasi yang menenangkan.

(Foto: nystromcounseling.com)

YesDok Ads