Panduan Memberikan ASI Bagi Ibu dengan Positif Covid-19

July 18, 2021 | Aqiyu

menyusui

Sebagian besar ibu ingin dapat memberikan ASI eksklusif hingga anak berusia dua tahun. ASI juga merupakan asupan terbaik bagi bayi. Di Kondisi yang belum kondusif saat pandemi seperti ini, kegiatan menyusui dapat terganggu jika sang ibu terpapar Covid-19. Bolehkah ibu positif Covid-19 memberikan ASI pada bayi?

Dilansir dari laman Kemenkes, ibu menyusui yang positif Covid-19 masih tetap boleh memberikan ASI untuk si kecil. Namun ibu menyusui harus memerhatikan beberapa hal saat menyusui, seperti penerapan protokol kesehatan yang ketat. Serta ibu menyusui yang terpapar Covid-19 tidak memiliki gejala yang berat dan masih dapat menyusui secara langsung. Berikut panduan memberikan ASI bagi ibu yang positif Covid-19:

1.     Selalu memakai masker saat menyusui dan merawat bayi.

2.     Mencuci tangan sebelum dan sesudah memegang bayi.

3.     Membersihkan dan mendesinfeksi permukaan dan benda yang sering disentuh ibu dan bayi.

YesDok Ads

Apabila ibu menyusui merasa kondisi tubuhnya kurang baik, lemah dan tidak memiliki kekuatan untuk menyusui secara langsung, maka dapat memberikan ASI perah (ASIP). Pemberian ASIP ini dapat dilakukan oleh anggota keluarga lainnya yang sehat. Saat memberikan ASIP pastikan kebersihan saat memerah ASI. Gunakan cangkir bermulut lebar untuk memberikan ASIP pada bayi. Serta gunakan wadah dengan tutup untuk menyimpan ASI perah.

Untuk menyimpan ASI perah, bila menggunakan lemari pendingin bawah dengan suhu 4-5 derajat celcius ASIP bertahan selama 3-4 hari. Dengan ice pack dengan suhu 15 derajat celcius ASIP mampu bertahan selama 24 jam. Penyimpanan ASIP dengan suhu ruangan atau kamar ASIP bertahan selama 3-4 jam dan pada freezer dengan suhu kurang dari 18-20 derajat celcius ASIP bertahan selama 4 bulan.

Perhatikan kualitas ASI perah yang diberikan dengan memastikan penyimpanan ASIP yang baik dan benar agar tetap aman dan tidak rusak. COVID-19 bukan penghalang untuk memberikan yang terbaik buat si kecil.

(Foto: ausmed)

YesDok Ads