Pakai Bahan Alami Ini Untuk Merontokkan Karang Gigi

February 23, 2021 | Aqiyu

karang gigi

Banyak jenis masalah yang terjadi pada mulut dan gigi. Salah satunya adalah karang gigi. Karang gigi dapat membuat nafas menjadi bau dan lama kelamaan bisa menimbulkan masalah kesehatan lainnya yang lebih serius.

Karang gigi yang dibiarkan dapat menyebabkan beragam komplikasi, seperti gigi berlubang, iritasi dan peradangan pada gusi. Karang gigi muncul disebabkan oleh sisa makanan yang menumpuk, bakteri serta reaksi dari kimiawi dan protein. Selain itu, karang gigi juga terbentuk akibat menyikat gigi yang kurang benar sehingga masih meninggalkan sisa makanan dalam mulut. Ada baiknya, Anda segera menyikat gigi setelah makan.

Anda dapat membersihkan karang gigi di dokter gigi. Namun, bila Anda takut untuk pergi ke dokter gigi, Anda bisa melakukan perawatan sendiri dirumah untuk membasmi karang gigi dengan menggunakan bahan alami yang aman. Berikut bahan alami yang dapat merontokkan karang gigi:

Baking soda

Anda bisa memanfaatkan baking soda untuk menghilangkan karang gigi. Buatlah pasta dari baking soda dan mencampurkannya dengan sejumput garam. Gunakan pasta ini untuk menggosok gigi selama dua menit lalu bersihkan dengan air.

Buah stoberi

YesDok Ads

Rajinlah mengonsumsi buah stoberi untuk mengurangi karang gigi yang membandel. Hal ini dikarenakan buah stoberi mengandung vitamin C yang dipercaya efektif untuk menghilangkan karang gigi.

Kulit jeruk

Jangan buang kulit jeruk. Sebab, kulit jeruk merupakan bahan alami yang mengandung asam sehingga dapat Anda gunakan untuk membasmi karang gigi. Anda cukup menggosokkan kulit jeruk ke bagian karang gigi selama 2-3 menit. Anda juga dapat mengolah kulit jeruk menjadi pasta dan mengoleskannya pada karang gigi.

Minyak kelapa

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa minyak kelapa dapat membantu mengatasi gingivitis, plak dan bakteri penyebab karang gigi dan bau mulut. Minyak kelapa juga menjadi bahan alami untuk terapi mulut tradisional di India. Anda cukup berkumur dengan minyak kelapa selama 20 menit setiap hari untuk hasil yang maksimal.

YesDok Ads