Pahami Sinyal Bahaya yang Dikirim oleh Jantung Anda

March 11, 2022 | Claudia

Jantung

Memahami dan mengenali tubuh merupakan hal yang penting. Karena tak jarang, tubuh memberikan sinyal bahaya yang bisa membantu kita mendeteksi dan mencegah penyakit lebih dini.

Jantung merupakan salah satu organ vital dalam tubuh. Ini merupakan pusat kendali terhadap segala sesuatu yang membuat kita tetap hidup. Jantung bekerja lebih dari sekadar menjaga darah kita tetap mengalir, jantung juga mengirimi sinyal yang dapat mengindikasikan suatu kondisi kesehatan dalam tubuh kita.

Berikut ini merupakan beberapa gejala yang bisa jadi merupakan sinyal dari jantung bahwa tubuh Anda sedang tidak baik-baik saja:

Perut terasa mual

Jika perut terasa seperti diikat secara tiba-tiba, dan jika tiba-tiba Anda mengalami muntah, ini saatnya bagi Anda untuk segera menemui dokter. Mual dan muntah yang datang secara tiba-tiba bisa jadi tanda awal dari serangan jantung.

Napas pendek

Jika Anda sering mengalami sesak napas bahkan hanya setelah melakukan tugas yang ringan, ini bisa jadi pertanda bahwa jantung mulai tidak berfungsi dengan baik. Orang yang memiliki penyakit jantung bisa mengembangkan edema paru, yakni kondisi ketika paru-paru dipenuhi cairan. Ini bisa membuat Anda sulit bernapas dan dada sering terasa berat.

YesDok Ads

Sering pusing

Ketika pusing sering muncul secara tiba-tiba tanpa sebab yang jelas, Anda harus segera mencurigainya. Ini bisa menjadi salah satu pertanda dari penyakit jantung. Kondisi ini terjadi ketika otak tak menerima cukup aliran darah, sehingga membuat Anda merasa pusing.

Nyeri bahu

Mati rasa atau rasa sakit di bahu kiri merupakan salah satu gejala utama dari serangan jantung. Jika rasa sakit bergerak dari bahu dan menjalar ke dada dan ujung jari, maka coba untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Ini merupakan salah satu peringatan awal dari penyakit jantung.

Tidak lapar

Jika nafsu makan Anda lenyap seluruhnya, bahkan Anda sangat jarang mengalami rasa lapar, maka Anda sepatutnya khawatir. Berkurangnya rasa lapar bisa menjadi tanda awal serangan jantung. Jika Anda bahkan tak bernafsu saat dihidangkan makanan favorit Anda, walau sebelumnya Anda belum makan, maka segera periksakan diri ke dokter.

(Foto: intermountainhealthcare.org)

YesDok Ads