Pahami Penyebab Timbulnya Asam Urat

April 01, 2023 | Kaifia

Penyebab Timbulnya Asam Urat

Asam urat atau gout merupakan salah satu jenis radang sendi dimana timbulnya kristal kecil di dalam dan di sekitar persendian. Ketika tubuh Anda memiliki asam urat berlebih, pembentukan kristal tersebut dapat meningkat terutama di jempol kaki. Gejala bengkak yang disebabkan oleh asam urat umumnya datang dan pergi. Anda harus mengetahui penyebab timbulnya asam urat berikut.

Asam urat dapat menjadi kondisi medis yang menyakitkan sehingga mengganggu aktivitas keseharian Anda namun melalui pengobatan yang tepat, hal tersebut bisa efektif meringankan gejala dan menghindari serangan lebih lanjut.

Gejala

Selama serangan asam urat ini berlangsung, mereka dapat menyerang persendian dan menimbulkan gejala seperti berikut ini

  • Kemerahan
  • Rasa nyeri yang hebat
  • Pembengkakan
  • Sendi terasa kaku
  • Sendi terasa panas dan lembut

Biasanya, gejala ini alami progresivitas dengan cepat selama beberapa jam dan bertahan lama hingga 10 hari. Lalu setelah itu, persendian akan kembali ke kondisi normal.

Penyebab Timbulnya asam urat

Mengutip dari My Cleveland Clinic, penumpukan asam urat berlebih dalam tubuh mampu menjadi penyebab utama asam urat. Tubuh secara alami membuat asam urat saat memecah bahan kimia yang disebut dengan purin. Ginjal biasanya menyaring asam urat dari darah Anda, lalu keluar dari tubuh saat Anda buang air kecil.

YesDok Ads

Ketika tubuh memiliki kadar asam urat yang tinggi, kristal asam urat dapat menumpuk dan mengendap di persendian Anda. Kristal ini menggumpal dan memicu rasa nyeri serta gejala asam urat lainnya.

Bagaimana pengobatannya?

Pengobatan asam urat terdiri dari perubahan gaya hidup sehat dan perawatan medis. Sangat penting untuk mengelola gejala Anda saat kambuh dan menerapkan diet rendah purin. Dokter juga akan merekomendasikan obat-obatan medis seperti ibuprofen dan naproxen untuk membantu meredakan rasa nyeri.

Selain itu, cobalah untuk berolahraga secara teratur untuk mengurangi kadar stres tinggi yang dapat menyerang persendian Anda.

YesDok menyediakan dokter profesional yang memungkinkan Anda berkonsultasi dari mana saja dan kapan saja. Konsultasi keluhan dan tanya dokter mengenai masalah kesehatan Anda dengan dokter spesialis di aplikasi YesDok.

YesDok Ads