0 Point
Disregulasi emosi

Pahami Gejala Disregulasi Emosi yang Perlu Diperhatikan

Ketika seseorang sulit mengontrol emosi mereka, tanggapan atau respon mereka terhadap suatu hal bisa menjadi tidak sesuai dengan keadaan tersebut. 

Rasa marah, cemas atau marah hanyalah beberapa dari emosi yang dimiliki oleh seseorang. Kesulitan mengelola emosi mungkin hanya bersifat sementara. Namun, beberapa orang mengalami ketidakmampuan secara terus menerus untuk mengendalikan emosi mereka karena kondisi kronis tertentu. 

Seiring waktu berjalan, kondisi ini bisa memengaruhi aktivitas keseharian dan kualitas hidup termasuk dalam hubungan antara orang lain, tempat kerja atau sekolah. 

Gejala 

Disregulasi emosi dapat menimbulkan beberapa gejala seperti berikut

  • Depresi 
  • Kecemasan 
  • Perfeksionisme ekstrem
  • Lekas marah 
  • Gangguan makan 

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), kesulitan mengontrol emosi merupakan gejala utama yang dimiliki dari penderita gangguan kecemasan.

Bagaimana cara menanganinya?

Pengobatan untuk gangguan psikologis dapat mencakup obat-obatan dan psikoterapi. Kondisi ini seringkali membutuhkan intervensi jangka panjang untuk membantu mengendalikan emosi seseorang dengan lebih baik.

Selain terapi dan pengobatan, membuat catatan harian terkait suasana hati yang sedang Anda alami bisa membantu mengungkapkan perasaan dan mengendalikan pikiran.

Mengungkapkan isi pikiran di dalam buku catatan dapat membantu Anda melihat masalah lebih jelas serta mengidentifikasi solusi dan bekerja untuk meredakan perasaan stres dan cemas.

Terapkan hal ini selama beberapa hari atau minggu untuk mengidentifikasi pola yang berulang dalam cara Anda mengatasi situasi yang mencemaskan dan stres. 

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok