Omega-3 untuk Mengatasi Kerontokan Rambut

June 29, 2021 | Kaifia

Rambut rontok.

Asam lemak omega-3 merupakan lemak esensial yang memiliki peran penting dalam metabolisme khususnya untuk proses tubuh secara keseluruhan.

Beberapa studi mengatakan bahwa mengonsumsi makanan dengan kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi dapat membantu meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan rambut. 

Apakah hal itu benar? 

Minyak ikan adalah salah satu suplemen makanan yang terkenal dengan kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi.

Tubuh manusia membutuhkan asam lemak omega-3 untuk bekerja dengan benar namun kita tidak dapat mensintesisnya dengan sendiri. Untuk memperoleh nutrisi tersebut, kita perlu mengonsumsinya melalui diet dan suplemen.

Asam lemak omega-3 memiliki bukti yang cukup terbatas dalam mengatasi kerontokan rambut. 

Sebuah studi tahun 2015 menunjukkan bahwa efek suplemen yang mengandung asam lemak omega-3 dan omega-6 pada kerontokan rambut wanita. 

YesDok Ads

Dari 120 peserta, setengah dari mereka mengonsumsi suplemen selama 6 bulan sedangkan setengahnya tidak.

Mereka menemukan bahwa kelompok yang diberi suplemen menumbuhkan lebih banyak rambut dalam fase pertumbuhannya daripada kelompok lainnya.

Banyak orang mengonsumsi ikan atau suplemen minyak ikan untuk meningkatkan pertumbuhan rambut dan mencegah rambut yang rontok serta dapat membantu:

  • Mencegah peradangan folikel rambut
  • Meningkatkan sirkulasi kulit kepala
  • Memberikan protein dan nutrisi penting ke folikel rambut

Dokter akan menyarankan berapa banyak jumlah ikan yang perlu disesuaikan dengan kondisi kesehatan Anda serta mempertimbangkan obat apapun atau suplemen lain yang membantu kesehatan rambut.

Selain itu, Anda juga perlu menambahkan ikan berminyak dengan penuh kandungan omega-3, yaitu:

  • Ikan herring
  • Ikan mackerel
  • Ikan salmon

Pastikan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum menambahkan minyak ikan atau suplemen terbaru ke diet Anda.

YesDok Ads