Olahraga yang Tepat Pasca Pemulihan Covid-19

December 19, 2020 | Iman

Yoga

COVID-19 memiliki kecenderungan untuk membuat kita merasa lemah dan dapat mengganggu kesehatan mental kita juga. Meskipun Anda mungkin Anda telah sembuh dari virus ini setelah menjalani isolasi mandiri, tetap saja Anda belum dapat kembali hidup normal seperti sedia kala.

Menurut penelitian yang dipublikasikan di JAMA Cardiology, melakukan olahraga saat menderita COVID-19 dapat memperburuk gejala Anda dan dapat memicu penyakit lain seperti miokarditis, radang otot jantung. Namun akan membantu pemulihan jika Anda telah dinyatakan bebas dari virus ini.

Kembali beraktivitas melakukan fisik dianggap sebagai salah satu cara untuk mempercepat proses pemulihan. Berikut adalah beberapa latihan mudah di rumah yang dapat Anda lakukan saat memulihkan diri dari COVID-19

Jalan Kaki

Berjalan adalah salah satu latihan termudah dan teraman yang dapat Anda lakukan di rumah. Terutama ketika Anda sedang dalam masa pemulihan dari COVID-19, ini dapat membantu Anda mendapatkan kembali kekuatan dan kebugaran Anda. Namun, jangan berlebihan dan batasi hingga 10 hingga 15 menit perhari.

Latihan tangga

Olahraga ringan lainnya adalah senam naik turun tangga yang bisa Anda lakukan dengan sangat nyaman di rumah. Cara ini tidak menuntut terlalu banyak energi Anda tetapi akan membantu Anda memperkuat otot-otot kaki Anda.

YesDok Ads

Duduk keseimbangan

Jika Anda merasa terlalu lelah, Anda selalu dapat menempatkan diri pada posisi duduk dan berbaris di tempat yang sama. Hal ini akan membantu Anda melatih kaki Anda dan akan meningkatkan postur dan keseimbangan.

Angkat kaki turun kaki

Cari penyangga dinding dan angkat kaki Anda ke samping. Kembali ke posisi awal dan ulangi hal yang sama. Latihan ini akan membuat kaki Anda hangat dan melatih kelincahan untuk kembali ke bentuk normalnya. Demikian pula, Anda dapat melatih betis Anda tetapi mengangkat jari-jari kaki ke atas dan kemudian menurunkan tumit ke bawah.

Yoga

Para ahli dan dokter merekomendasikan yoga dan meditasi kepada mereka yang pulih dari COVID-19. Tidak hanya mendorong kesehatan, tetapi juga membantu orang memperkaya kesehatan mental yang paling dibutuhkan selama menghadapi pandemi ini.

(Foto : pixabay)

YesDok Ads