Diet
+1

Olahraga yang Cocok Untuk Berat Badan 70 Kg Keatas

July 18, 2021 | Aqiyu

olahraga angkat beban

Selain diet, umumnya seseorang menurunkan berat badan dengan berolahraga. Namun banyak yang merasa tidak dapat berolahraga karena berat badan yang berlebihan. Padahal Anda bisa memilih olahraga yang sesuai dengan berat badan. Menyesuaikan jenis olahraga dengan berat badan ini berpengaruh pada beban latihan olahraga.

Sebab, tidak semua olahraga dapat dilakukan oleh setiap orang. Menurut seorang pakar memutuskan memilih porsi olahraga sebaiknya dengan mempertimbangkan kondisi badan. Berikut olahraga yang cocok untuk berat badan diatas 70 kg:

 Jalan Kaki

Bagi Anda dengan berat badan berlebihan atau obesitas sebaiknya jangan memilih olahraga lari. Hal ini karena tubuh yang berat saat berlari dapat menyebabkan cedera pada kaki dan lutut. Anda bisa mulai dengan jalan kaki selama 30 menit untuk 3-4  minggu pertama dan intensitas olahraga bisa bertambah seiring berjalannya waktu.

Menurut Harvard Health, seorang dengan berat badan 70 kg mampu membakar 167 kalori setiap berjalan selama 30 menit dengan kecepatan 6.4 km per jam.

Bersepeda

YesDok Ads

Bersepeda dapat membantu menurunkan berat badan. Bagi yang memiliki berat badan diatas 70 kg dengan bersepeda dapat membakar 260 kalori dengan kecepatan 19-22 km per jam selama 30 menit. Bersepeda juga memiliki manfaat lain bagi kesehatan seperti meningkatkan sensitivitas  insulin, menurunkan risiko penyakit jantung dan kanker.

Berenang

Berat badan 70 kg mampu membakar kalori sebanyak 233 kalori saat berenang selama 30 menit. Sebuah penelitian menyebutkan berenang juga dapat meningkatkan kelenturan tubuh dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Latihan beban

Latihan beban juga cocok bagi Anda dengan berat badan diatas 70 kg. Latihan beban adalah salah satu cara efektif untuk membakar kalori, meningkatkan pertumbuhan otot. Dilansir dari Healthline, latihan beban selama 11 menit dalam tiga kali dalam seminggu mampu membakar 125 kalori.

YesDok Ads