Olahraga yang Cocok Dilakukan bagi Penderita Diabetes

August 20, 2022 | Kaifia

Yoga

Olahraga merupakan aktivitas fisik yang bermanfaat bagi setiap individu terutama pada penderita diabetes, olahraga menawarkan segudang manfaat untuk membantu mengendalikan gejala-gejalanya.

Segala jenis aktivitas fisik yang Anda lakukan seperti jogging atau berenang, mereka berkontribusi besar untuk membantu penyandang diabetes.

Anda dapat mengikuti beberapa pilihan olahraga terbaik atau bahkan sekedar aktivitas ringan yang bisa Anda terapkan 

Jalan kaki

Berjalan kaki adalah hal sederhana yang dapat dilakukan bagi setiap orang.

Cobalah untuk menghabiskan 30 menit jalan cepat, lakukanlah 5 kali setiap minggu untuk memperoleh hasil yang maksimal. Anda dapat membagi 30 menit ini menjadi sesi 10 menit 3 kali sehari.

Yoga

Aktivitas fisik ini dapat menurunkan stres serta meningkatkan fungsi saraf, yang dimana berfokus pada peningkatan kesehatan mental serta kesejahteraan antara pikiran dan tubuh.

YesDok Ads

American Diabetes Association mengatakan bahwa yoga dapat meningkatkan penurunan kadar gula darah. 

Berenang

Berenang memungkinkan Anda melatih otot pada tubuh bagian atas dan bawah secara bersamaan. Aktivitas aerobik ini juga membawa manfaat yang baik bagi kesehatan jantung serta menurunkan kolesterol dan membantu membakar kalori.

Health and Cleveland Clinic melansir untuk mendapatkan manfaat maksimal dari berenang, mereka sarankan untuk berenang setidaknya 3 kali seminggu selama setidaknya 10 menit.

Tai Chi

Latihan fisik ini menitikberatkan pada gerakan tubuh yang lambat dan halus untuk merilekskan pikiran dan tubuh.

Penelitian telah menunjukkan bahwa peserta yang menyelesaikan sesi Tai Chi mereka menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan dalam pengendalian gula darah.

YesDok Ads