0 Point
Tulang keropos

Olahraga Tepat Cegah Osteoporosis

Osteoporosis adalah suatu kondisi di mana tulang Anda menjadi keropos dan lebih rapuh dari waktu ke waktu serta meningkatkan risiko keropos. Penyakit ini biasanya menyerang orang usia di atas 50 tahun. 

Kepadatan tulang menurun seiring bertambahnya usia; ini adalah normal sebagai proses penuaan. Dalam beberapa kasus penyakit ini justru muncul lebih awal di usia produktif. Lantas bagaimana menyikapinya? 

Sebuah studi memperkirakan 5,2 juta wanita dan 1,1 juta pria lansia di Jerman telah didiagnosis menderita osteoporosis. Wanita mendominasi masalah ini karena penurunan kadar estrogen setelah menopause. Umumnya kepadatan tulang manusia mulai rapuh ketika memasuki usia 40 tahun. 

Kini para ahli tengah mencari solusi bagaimana pencegahan dini penyakit ini. Yang terbaru latihan kekuatan dikaitkan dengan manfaat memperkuat tulang dan juga otot Anda. 

Siapa Paling Berisiko?

Seseorang dapat mengetahui apakah dirinya berisiko osteoporosis dengan pemeriksaan medis. Namun ada juga faktor yang memengaruhu kesehatan tulang diantaranya usia, gender, genetik, hingga gaya hidup. 

Pencegahan dan Nutrisi

Gizi seimbang merupakan salah satu cara mencegah osteoporosis. Padukan makanan yang mengandung kalsium dan vitamin D yang terdapat pada susu, sayuran hijau. Tubuh juga dapat menghasilkan vitamin D melalui paparan sinar matahari, itulah mengapa sebabnya anjuran berjemur baik bagi tubuh. 

Olahraga yang Tepat

Aktivitas fisik secara teratur juga bagian penting dari menjaga kesehatan tulang. Berjalan atau berlari baik bagi tulang, namun latihan kekuatan dianggap yang paling efektif, karena ini memberi tekanan pada tulang Anda. Latihan kekuatan mampu mencegah keropos, menarik tulang dan otot, serta merangsang jaringan kepadatan tulang.

Jika Anda berupaya mencegah tulang keropos perlu rutin latihan kekuatan. Anda bisa mencoba gerakan-gerakan dasar seperti posisi plank, squat, hingga angkat beban. 

Latihan kekuatan dianggap efektif  untuk meningkatkan pertumbuhan otot. Jangan lupa imbangi dengan kecukupan gizi dan latihan ketahanan seperti kardiovaskular. 

(Foto: cnn)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok