Olahraga Ringan Bisa Bantu Lancarkan Metabolisme

November 25, 2020 | Helmi

olahraga

Penelitian baru menemukan bahwa olahraga singkat dapat secara signifikan meningkatkan tingkat metabolit. Metabolit adalah senyawa organik yang ikut dalam proses metabolisme dalam tubuh.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Circulation, menawarkan kepada para ilmuwan pemahaman yang lebih baik tentang efek menguntungkan dari olahraga terhadap kesehatan seseorang.

Para ilmuwan telah lama mengetahui bahwa ada hubungan antara aktivitas fisik dan kesehatan yang lebih baik.

Seperti yang dikatakan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), "Aktivitas fisik secara teratur adalah salah satu hal terpenting yang dapat Anda lakukan untuk kesehatan Anda."

CDC mencatat bahwa olahraga teratur dapat meningkatkan kesehatan otak seseorang; membantu mereka mengatur berat badan dengan lebih baik; mengurangi peluang mereka terkena berbagai penyakit, termasuk diabetes, beberapa jenis kanker, dan penyakit kardiovaskular; memperkuat otot dan tulang mereka; dan meningkatkan kesehatan mental.

YesDok Ads

Dalam konteks ini, peneliti ingin melihat hubungan antara metabolit yang menjadi indikator kesehatan dan olahraga.

Metabolisme seseorang menggambarkan reaksi kimia yang terjadi di dalam tubuhnya. Metabolit memfasilitasi reaksi-reaksi ini. Ilmuwan telah mengidentifikasi hubungan antara olahraga dan perubahan tertentu dalam metabolit.

Dr. Gregory Lewis, section head of Heart Failure at Massachusetts General Hospital (MGH) dan penulis senior studi tersebut berkata, “Banyak yang diketahui tentang efek olahraga pada sistem jantung, pembuluh darah, dan inflamasi tubuh.”

“Tetapi penelitian kami memberikan gambaran menyeluruh tentang dampak metabolik dari olahraga dengan menghubungkan jalur metabolisme tertentu dengan variabel respons olahraga dan hasil kesehatan jangka panjang," jelas Lewis.

(Foto: Runtastic)

YesDok Ads