Olahraga Renang dapat Meninggikan Badan, Mitos atau Fakta?

August 25, 2022 | Helmi

olahraga renang dapat meninggikan badan

Berenang membantu membangun kebugaran kardiovaskular, tonus otot, dan dapat membakar banyak kalori. Manfaat lain yang dipercaya banyak orang adalah bahwa olahraga renang dapat meninggikan badan, benarkah demikian?

Jawaban singkatnya adalah tidak. Berenang tidak akan membuat Anda lebih tinggi. Saat berenang gaya gravitasi dihilangkan dari tulang belakang, memungkinkan tulang belakang untuk dekompresi, membuat perenang tampak lebih tinggi. 

Jadi meskipun berenang dapat memanjangkan tubuh untuk sementara, tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa berenang akan meningkatkan tinggi badan secara permanen.

Meskipun berenang tidak dapat secara langsung meningkatkan tinggi badan Anda, berenang dapat berkontribusi pada gaya hidup sehat yang dapat membantu memastikan bahwa Anda mencapai potensi pertumbuhan genetik Anda. 

YesDok Ads

Faktor utama yang akan menentukan seberapa tinggi Anda dapat tumbuh adalah susunan genetik. Jika Anda berasal dari keluarga Anda memiliki badan yang tinggi secara alami, kemungkinan Anda juga akan memiliki badan yang tinggi karena itu ada dalam susunan genetik Anda.

Di sisi lain, jika Anda berasal dari keluarga di mana anggota keluarga Anda umumnya lebih pendek, kemungkinan besar tinggi badan Anda tidak akan tumbuh jauh dari itu.

Penting untuk dicatat bahwa ini mungkin tidak selalu terjadi dan bahwa ada pengecualian di mana orang-orang yang berasal dari keluarga tinggi ternyata pendek sementara yang lain dari keluarga pendek akhirnya tumbuh sangat tinggi.

Umumnya, para ilmuwan percaya bahwa susunan genetik (DNA) Anda bertanggung jawab atas sekitar 80% tinggi badan seseorang. 20% lainnya dapat ditentukan oleh faktor eksternal yang dapat mempengaruhi tinggi badan Anda seperti nutrisi, hormon, tingkat aktivitas, dan kondisi medis tertentu.

YesDok Ads