Olahraga Pagi atau Malam Hari, Mana yang Lebih Baik?

February 04, 2023 | Aqiyu

Olahraga Pagi atau Malam Hari

Menjaga kesehatan tubuh adalah hal penting yang harus dilakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak rentan terkena penyakit. Banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kebugaran tubuh, salah satunya dengan berolahraga. Namun sayangnya, kesibukan diri membuat orang jarang berolahraga di pagi hari dan memilih berolahraga di malam hari. Lalu, olahraga pagi atau malam hari kah yang baik dilakukan?

Manfaat olahraga dapat Anda rasakan jika dilakukan secara konsisten di waktu yang tepat. Oleh karena itu, Anda harus cermat memilih waktu yang terbaik dan dapat Anda lakukan secara rutin. Menurut para ahli, olahraga baik dilakukan kapan pun. Itu artinya, olahraga di pagi atau malam hari sebenarnya sama-sama baik dan boleh dilakukan. Keduanya memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan Anda. 

Jika Anda masih bingung, Anda bisa berolahraga mengikuti ritme sirkadian tubuh. Mengenali jam tubuh dan mengikuti sebagai acuan berolahraga adalah cara yang tepat. Berikut ini manfaat olahraga pagi atau malam hari:

Manfaat olahraga di pagi hari

Olahraga di pagi hari dapat meningkatkan aktivitas fisik sehari-hari. Olahraga di pagi hari juga dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan vitamin D. Karena tubuh akan mendapatkan asupan vitamin D dari sinar matahari. Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, cobalah untuk berolahraga di pagi hari karena dapat membantu menggiatkan metabolisme tubuh. Sehingga dapat membakar kalori lebih banyak, tekanan darah stabil dan tidak mengganggu jam tidur.

YesDok Ads

Manfaat olahraga di malam hari

Bagi Anda yang memiliki kesibukan luar biasa di pagi hari, olahraga malam adalah pilihan yang tepat. Banyak yang beranggapan bahwa olahraga di malam hari akan mengganggu jam tidur Anda. Padahal hal tersebut tidaklah sepenuhnya benar karena tergantung pada intensitas olahraga yang dilakukan. Olahraga malam sangat bermanfaat dan efektif untuk membentuk otot tubuh. Pastikan tidak langsung tidur setelah melakukan olahraga, beri jeda 1,5 jam sebelum tidur.

Berikut adalah manfaat olahraga pagi atau malam hari. Simak lebioh lanjut mengenai informasi kesehatan lainnya hanya di YesDok.

YesDok menyediakan dokter profesional yang memungkinkan Anda berkonsultasi dari mana saja dan kapan saja. Konsultasi keluhan mengenai masalah kesehatan Anda dengan dokter spesialis di aplikasi YesDok.

(Foto: times of india)

YesDok Ads