Olahraga Namun Tetap gemuk, Ini Penyebabnya

March 23, 2020 | Iman

Olahraga di Gym

Memiliki badan yang ideal adalah dambaan setiap orang. Berbagai cara dilakukan setiap orang salah satunya dengan menjaga pola makan hingga rutin berolahraga. Namun, banyak juga yang mengeluhkan berat badan yang tidak ada perubahan berarti mesti telah menjalankan rutinitas olahraga.

Banyak faktor yang mempengaruhi kenaikan berat badan meski Anda telah berolahraga, jadi Anda tidak perlu khawatir. Berikut beberapa alasan yang dapat membantu menjawab rasa penasaran Anda.

1. Pilihan Makanan

Makanan yang Anda makan memainkan peran utama dalam berat badan Anda. Mempertahankan pola diet yang tepat yang akan membantu penurunan berat badan dengan cepat. Perhatikan jumlah kalori yang dimakan dan kurangi asupan gula secara keseluruhan.

Makan makanan berminyak dan gula adalah salah satu rintangan terbesar dalam diet. Untuk mengerem rasa lapar, cobalah mengganti camilan yang tidak sehat dengan buah-buahan, biji-bijian dan pilihan makanan sehat lainnya

2. Cepat Puas pada Hasil

Tantangan tersebar pada diet salah satunya adalah diri sendiri. Banyak orang diluar sana mudah puas ketika sudah mendapatkan hasil yang didapat. Ketika sudah mendapatkan berat badan ideal, orang cenderung meremehkan kembali hasil latihan dan merasa kembali dapat makan seenaknya. Jika Anda sudah mendapatkan hasil, pakar menyarankan agar Anda tunggu beberapa hari untuk kembali mengukur berat badan Anda dan tetap melanjutkan program latihan.

3. Massa Otot Bertambah

YesDok Ads

Sebagian besar orang mengalami penambahan otot alih-alih menurunkan berat badan saat berolahraga. Hal ini dikarenakan otot Anda berbanding lurus dengan hasil latihan, terlebih jika berlatih berat. Massa otot yang makin meningkat ini tentu membutuhkan asupan kalori lebih, sehingga Anda makan lebih banyak. Maka, para ahli menyarankan agar Anda lebih sering melakukan latihan kardio dibanding latihan berat badan.

4. Retensi Motorik

Banyak orang menyarankan minum lebih banyak air untuk membantu penurunan berat badan. Kadang-kadang, minum terlalu banyak air dapat berbalik melawan Anda dan membuat Anda bertambah berat, alih-alih kehilangannya. Mengonsumsi air dalam jumlah besar dalam sehari dapat menyebabkan retensi air, sehingga menyebabkan kembung. 

Disarankan menghindari minum air putih tak berlebihan selama latihan karena tubuh Anda akan menahannya untuk melakukan proses penyembuhan alami tubuh. Minumlah air dalam jumlah yang lebih sedikit selama interval dan kurun waktu tertentu jika butuh.

5. Kurang Tidur

Siklus tidur yang tidak teratur dapat meningkatkan kadar kortisol tubuh. Kadar kortisol terbukti meningkatkan rasa lapar yang akan membuat Anda makan lebih banyak dari yang dibutuhkan. Usahakan Anda memiliki sirkadian dan siklus tidur yang baik sehingga Anda makan dengan teratur sesuai kebutuhan.

(Foto: workoutuni)

YesDok Ads