0 Point
olahraga berat

Olahraga Berat Tak Bisa Bikin Cepat Kurus

Tidak sedikit orang yang menginginkan berat badan turun dengan melakukan olahraga yang berat. Dengan harapan, berat badan akan cepat turun. Alih-alih kurus, olahraga berat justru malah berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. 

Olahraga berat tidak bisa membuat Anda cepat kurus. Dampak negatif yang ditimbulkan dari olahraga berat adalah mood swing, gangguan pada siklus haid, sulit fokus dan konsentrasi serta dapat meningkatkan nafsu makan yang dapat membuat berat badan semakin melonjak. Berolahraga memang disarankan untuk menunjang berat badan yang ideal. Namun Anda tidak boleh memforsir atau memaksakan untuk melakukan olahraga yang berlebihan. Anda tetap harus mempertimbangkan kemampuan fisik dan kesehatan tubuh.

Anda dapat menurunkan berat badan dengan diimbangi olahraga ringan. Misalnya lari, renang atau lompat tali minimal sehari 30 menit, setidaknya 3 kali dalam seminggu atau sekitar 150 menit/minggu. Memang hasilnya tidak bisa langsung terlihat, namun jika rutin melakukannya Anda akan mendapatkan hasil yang diinginkan. Perlu diingat pula, diet yang instan tidak baik bagi kesehatan. Bahkan jika berat badan dapat turun dengan diet yang instan, tidak menutup kemungkinan berat badan mudah kembali naik lebih banyak dari sebelumnya karena cara yang instan.

Diet instan juga bisa memicu efek yoyo. Dimana kondisi berat badan seseorang bisa turun dalam waktu yang singkat dan bisa kembali naik dengan cepat juga. Normalnya, saat menurunkan berat badan Anda hanya dianjurkan untuk menurunkan 0,5-1 kg per minggu. Anda jangan terpaku pada seberapa cepat prosesnya, tetapi memastikan proses diet yang Anda lakukan sehat dan bonusnya adalah berat badan yang ideal.

Selain olahraga, berat badan ideal juga bisa diperoleh dengan kebiasaan baik yang harus dilakukan setiap harinya. Seperti tidak melewatkan sarapan, membatasi untuk mengonsumsi minuman dan makanan manis yang mengandung tinggi kalori. Misalnya soda, es teh manis dan jus buah kemasan. Batasi juga mengonsumsi makanan cepat saji, junk food, hingga makanan olahan yang mengandung pengawet. Biasakan memenuhi asupan cairan dan minum air putih minimal 30 menit sebelum makan. 

Saat makan sebaiknya tidak terburu-buru dan mengunyah makanan secara perlahan. Karena mengunyah makanan dengan pelan-pelan dapat membuat tubuh menyesuaikan rasa kenyang dengan jumlah makanan yang dimakan. Serta imbangi dengan istirahat yang cukup, tidur ang berkualitas dapat melancarkan metabolisme tubuh.

(Foto: self)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok