Olahraga Baik Untuk Wanita yang Sedang Menstruasi

September 19, 2019 | Kaifia

Beberapa wanita  kerap mengalami gejala yang mungkin termasuk sakit perut, kembung, kelelahan, dan sakit kepala selama haid. Latihan fisik dapat membantu mengurangi gejala ini.

Olahraga juga memberikan berbagai manfaat kesehatan lebih lanjut. Manfaat ini berarti orang harus mencoba untuk memasukkan latihan ke dalam rutinitas mereka, apakah itu selama haid mereka atau tidak 

Artikel ini membahas mengapa olahraga saat menstruasi bermanfaat dan apa saja hal-hal yang harus dihindari.

Manfaat

Meningkatkan suasana hati

Menurut American College of Obstetricians and Gynaecologists, olahraga dapat membantu mengurangi perasaan depresi. Jadi, berolahraga dapat membantu mengangkat suasana hati ketika seseorang memiliki perasaan sedih, lekas marah, atau marah selama haid.

Mengurangi keletihan

Perubahan hormon dalam tubuh bisa meningkatkan rasa lelah pada wanita selama haid. Aktivitas fisik juga mendorong kadar energi saat wanita menstruasi menurut Office Women Health (OWH).

Mengurangi nyeri haid

YesDok Ads

Sebuah studi di Journal of Education and Health Promotion menemukan orang yang berolahraga 3 hari seminggu selama setidaknya 30 menit untuk jangka waktu 8 minggu memiliki lebih sedikit nyeri haid daripada mereka yang tidak berolahraga. Mereka menyimpulkan bahwa berolahraga selama dan sebelum periode dapat mengurangi gejala.

Apa yang harus dicegah?

Menurut OWH, tidak ada larangan berolahraga bagi wanita yang sedang datang bulan. Seseorang harus selalu mengambil langkah-langkah untuk berolahraga dengan aman. Ini mungkin termasuk mengenakan peralatan pelindung dan menahan diri dari mengangkat beban yang terlalu berat tanpa spotter atau dukungan.

Secara keseluruhan, yang terbaik adalah orang mendengarkan tubuh mereka selama haid. Jika seseorang merasa sangat lelah, mereka dapat mengurangi intensitas latihan rutin mereka untuk mencegah kelelahan yang berlebihan.

Apakah berolahraga terlalu keras berbahaya bagi wanita saat haid?

Penting untuk menyadari bahwa olahraga berlebihan memiliki efek samping buruk terhadap kesehatan tubuh Anda terutama bagi wanita yang sedang haid. 

Atlet yang memiliki daya tahan dan performa tinggi terkadang bisa melewati siklus menstruasinya karena perubahan hormon. Jika wanita telah memulai rutinitas olahraga yang intens dan mulai mengalami menstruasi yang tidak teratur, mereka harus segera periksa ke dokter.

(Foto: independent.co.uk)

YesDok Ads