Studi: Obesitas pada Anak Berisiko Pengaruhi Perkembangan Otaknya

December 12, 2022 | Helmi

obesitas anak

Sebuah studi menemukan, anak-anak yang mengalami kelebihan berat badan dan obesitas dapat membahayakan otak mereka yang sedang berkembang.

“Hal utama yang dapat diambil adalah untuk meningkatkan kesadaran tentang konsekuensi kesehatan otak dari obesitas selain konsekuensi kesehatan fisik, terutama karena tingkat obesitas sangat tinggi dan terus meningkat,” kata penulis studi Simone Kaltenhauser, seorang peneliti pasca sarjana di bidang radiologi dan pencitraan biomedis di Fakultas Kedokteran Yale di New Haven, Conn.

Sekitar satu dari setiap lima anak Amerika sekarang mengalami obesitas, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS.

Untuk penelitian tersebut, para peneliti melihat beberapa jenis pemindaian otak pada lebih dari 5.100 anak berusia 9 hingga 10 tahun yang mengambil bagian dalam studi Adolescent Brain Cognitive Development (ABCD) yang sedang berlangsung. Dari jumlah tersebut, 21% kelebihan berat badan dan 17,6% mengalami obesitas.

Apa yang mereka temukan? Ada kerusakan otak struktural dan fungsional pada anak-anak yang kelebihan berat badan atau obesitas jika dibandingkan dengan anak-anak yang tidak, dan perubahan ini dapat berkontribusi pada kinerja akademik yang buruk.

Secara khusus, anak-anak yang kelebihan berat badan atau obesitas menunjukkan penipisan lapisan terluar otak mereka (korteks), dan ini telah dikaitkan dengan gangguan keterampilan fungsi eksekutif, seperti merencanakan dan menjalankan banyak tugas. 

Terlebih lagi, integritas materi putih otak terganggu di corpus callosum (yang menghubungkan dua belahan otak) dan di jalur di dalam belahan otak yang menghubungkan lobus otak pada anak-anak yang kelebihan berat badan atau obesitas.

YesDok Ads

Selain itu, jaringan otak yang terlibat dalam pengambilan keputusan berbasis penghargaan dan pengendalian perilaku menunjukkan berkurangnya konektivitas pada anak-anak yang kelebihan berat badan atau obesitas.

“Temuan kami memberikan penjelasan potensial yang penting dari penelitian lain yang menunjukkan indeks massa tubuh [BMI] yang lebih tinggi pada anak-anak dikaitkan dengan fungsi kognitif dan prestasi akademik yang buruk,” kata Kaltenhauser. (BMI adalah ukuran lemak tubuh yang memperhitungkan tinggi dan berat badan.)

Masih terlalu dini untuk mengatakan apakah penurunan berat badan dan peningkatan aktivitas fisik dapat mengimbangi beberapa perubahan otak ini, tetapi itu mungkin saja, catatnya.

Temuan itu dipresentasikan pada pertemuan tahunan Radiological Society of North America (RSNA), di Chicago. 

Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk melihat apakah membawa kelebihan berat badan secara langsung berdampak pada otak, atau apakah pola makan yang tidak sehat dan/atau kurangnya aktivitas fisik adalah penyebabnya, atau apakah faktor predisposisi orang mengalami obesitas, seperti status sosial ekonomi yang lebih rendah, juga berkontribusi pada kemiskinan. perkembangan otak.

Berikut adalah hal yang perlu diketahui mengenai dampak obesitas pada anak bagi perkembangan otak. Tanya dokter YesDok jika ingin bertanya seputar kesehatan anak.

YesDok Ads