Obat Maag yang Aman Untuk Ibu Hamil

March 29, 2021 | Aqiyu

maag

Sakit maag bisa menyerang siapapun, tidak terkecuali pada ibu hamil. Sakit maag yang melanda saat hamil terjadi akibat lapisan lendir usus atau lambung terkikis. Sehingga memengaruhi asam lambung dan dapat merusak dinding lambung.

Maag saat hamil memang jarang terjadi serta memiliki tingkat komplikasi yang rendah. Meski begitu, bukan berarti sakit maag yang menyerang diabaikan begitu saja.  Terserang maag ketika hamil akan membuat ibu hamil terganggu dan tidak nyaman. Untuk mengatasinya, bila dianjurkan mengonsumsi obat sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu pada dokter kandungan. Mengingat ibu hamil tidak boleh sembarangan meminum obat. Adapun obat maag yang aman dikonsumsi ibu hamil sebagai berikut:

Madu

Sejumlah penelitian menyebutkan kandungan antibakteri pada madu dapat melawan bakteri H. pylori penyebab penyakit maag dan mempercepat penyembuhan luka. Selain itu, madu juga mengandung vitamin, mineral, enzim dan asam amino. 

Kunyit

Nyeri ulu hati akibat asam lambung naik biasanya muncul saat trimester ketiga. Kunyit mampu meredakan gangguan lambung dan pencernaan. Kandungan nutrisi dan zat antiinflamasi dapat mengurangi nyeri ulu hati dan mencegah gangguan pencernaan lainnya seperti sembelit.

YesDok Ads

Kubis

Kubis mengandung vitamin C yang dapat mencegah bakteri H. pylori berkembang dalam lambung dan usus. Saat mengonsumsi kubis, pastikan kubis diolah hingga matang. Sebab, kubis diketahui mudah sekali tercemar atau terkontaminasi oleh bakteri dan jamur. Sehingga bila pengolahannya tidak benar akan menyebabkan listeria.

Probiotik

Ibu hamil dapat mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik seperti tempe dan yogurt. Probiotik ampuh mengatasi maag pada ibu hamil karena dapat merangsang produksi lendir yang melindungi lapisan lambung serta menstimulasi pembentukan pembuluh darah baru.

Antasida

Antasida merupakan obat penetral asam lambung. Antasida mengandung aluminium hidroksida dan magnesium yang tidak menyebabkan kelainan kongenital pada janin. Ibu hamil aman mengonsumsi obat maag ini khusus untuk mengatasi asam lambung. Waktu terbaik untuk minum obat ini adalah setelah makan dan sebelum tidur.

YesDok Ads