Nyeri di Bahu dan Lutut Bisa Jadi Tanda Terinfeksi Varian Omicron

February 10, 2022 | Helmi

shoulder

Omicron menjadi varian COVID-19 yang mendominasi saat ini. Beberapa data menunjukkan varian tersebut tidak hanya menghasilkan gejala yang terkait dengan strain sebelumnya, dan berarti orang juga harus waspada terhadap tanda-tanda lain yang terkait dengan Omicron.

Menurut National Health Service (NHS), masalah nyeri sendi dan otot umum terjadi dan terasa di bagian bahu, leher, punggung dan lutut, bisa menjadi gejala terpapar Omicron.

“Orang-orang telah memberi tahu kami masalah paling umum setelah tidak sehat dengan COVID adalah masalah bahu dan punggung, tetapi masalah sendi dan otot dapat terjadi di bagian tubuh mana pun,” kata NHS.

“Beberapa orang memiliki rasa sakit yang meluas yang dapat datang dan pergi untuk sementara waktu saat Anda pulih. Beberapa orang juga memiliki perasaan aneh atau berubah seperti mati rasa atau kesemutan dan kelemahan pada lengan atau kaki,” tambahnya.

Selain itu, data dari jutaan kontributor aplikasi ZOE Covid Symptom Study menunjukkan bahwa nyeri otot yang tidak biasa dapat menjadi gejala COVID-19.

Para ilmuwan ZOE mengatakan: “Nyeri otot terkait Covid dapat berkisar dari ringan hingga sangat melemahkan, terutama ketika terjadi bersamaan dengan kelelahan.

YesDok Ads

“Bagi sebagian orang, nyeri otot ini membuat mereka berhenti melakukan tugas sehari-hari,” tulis para ilmuwan ZOE.

Mereka mengatakan bahwa nyeri otot yang tidak biasa dapat menjadi gejala awal COVID-19, sering muncul di awal penyakit.

“Biasanya, itu berlangsung selama rata-rata dua hingga tiga hari tetapi dapat memakan waktu lebih lama untuk hilang seiring bertambahnya usia Anda,” tulis para ahli dari ZOE.

Kondisi ini biasanya berlangsung hingga empat hari untuk anak-anak, lima hari untuk orang dewasa berusia 16-35, tujuh hari untuk orang dewasa berusia 35-65 dan hingga delapan hari untuk orang dewasa di atas 65 tahun.

“Sayangnya, nyeri otot terkait COVID-19 terkadang bisa bertahan lebih lama, dan biasanya dilaporkan pada orang dengan sindrom Covid atau pasca Covid yang lama,” pungkasnya.

YesDok Ads