Nutrisi Utama Untuk Sistem Kekebalan Tubuh

July 08, 2020 | Iman

Makanan mengandung protein

Di Masa Pandemi Coronavirus seperti sekarang ini sangat penting bagi kita untuk mendapatkan kekebalan tubuh yang kuat karena akan menghindarkan kita dari berbagai penyakit dan virus. 

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan mulai dari Diet sehat dan seimbang yaitu dengan konsumsi berbagai buah-buahan dan sayuran segar, protein tanpa lemak, biji-bijian, kacang-kacangan, dan lainnya. Makanan-makanan tersebut akan membantu semua sistem dalam tubuh, termasuk sistem kekebalan tubuh agar tetap berfungsi dengan benar. 

Ditambah dengan cuaca yang ekstrem dimana kadang cuaca panas, kadang hujan, penting untuk membuat pilihan yang tepat untuk tetap sehat dan bugar mengingat risiko terkena virus, bakteri, dan patogen penyebab penyakit lainnya cukup tinggi selama musim hujan.

Beberapa Penelitian menunjukkan bahwa makanan juga berpengaruh pada sifat pengaturan kekebalan. Makanan yang anda pilih sebaiknya yang mengandung makronutrien seperti protein, asam lemak omega-3, atau mikronutrien seperti vitamin C dan D.

Berikut adalah Nutrisi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

1. Protein

YesDok Ads

Beberapa asupan seperti susu dan berbagai produk olahannya, ayam, ikan, telur, dan kedelai merupakan sumber protein terbaik. Anda juga bisa konsumsi Milkshake buah, yogurt buah, omlette, hingga sup ayam.

2. Asam lemak omega-3

Asam lemak omega-3 adalah asam lemak esensial yang memiliki efek kekebalan-modulasi. Anda bisa makan ikan, udang, kacang-kacangan dan beberapa biji minyak seperti kenari, pista, biji chia, dan biji rami untuk mendapatkan asam omega-3.

3. Vitamin C

Vitamin C dapat anda peroleh dari banyak buah-buahan dan sayuran seperti kiwi, jambu biji, jeruk, stroberi, pepaya, mangga, paprika, kangkung dan bayam. Dengan Mengonsumsi makanan alami seperti buah-buahan dan sayuran segar tersebut anda akan mendapatkan vitamin C dengan cara yang terbaik. 

(Foto : pixabay)

YesDok Ads