Diet
+1

Nutrisi Seimbang Penting Untuk Meningkatkan Kesehatan Tubuh

January 30, 2021 | Kaifia

Ikan salmon.

Nutrisi yang seimbang dan sehat merupakan salah satu bagian yang penting untuk mendukung kesehatan secara keseluruhan.

Menurut WHO, memperoleh nutrisi yang baik bisa terkait dengan dengan peningkatan kesehatan bagi seluruh umur, penghambatan pemicu penyakit tertentu dan jangka hidup yang lebih panjang.

Berikut adalah beberapa tips nutrisi berbasis sains yang dapat membantu meningkatkan kesehatan dan perubahan gaya hidup yang baik

Konsumsi ikan berlemak

Ikan merupakan sumber protein yang mengandung lemak sehat serta memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh.

Ikan berlemak seperti salmon, yang mengandung asam lemak omega-3 dan berbagai nutrisi lainnya.

Studi menunjukkan bahwa orang yang sering mengonsumsi ikan cenderung memiliki risiko rendah menderita penyakit tertentu seperti demensia, penyakit jantung dan kondisi kesehatan mental seperti depresi.

Konsumsi biji-bijian

The American Heart Association (AHA) menyarankan orang untuk makan biji-bijian utuh daripada biji-bijian olahan.

Biji-bijian utuh mengandung nutrisi seperti vitamin B, zat besi dan serat. Nutrisi tersebut penting untuk melakukan fungsi tubuh yang membawa oksigen dalam darah dan mengatur sistem kekebalan tubuh.

Hindari makanan olahan

Jenis makanan ini telah diolah untuk memicu pusat kesenangan seseorang, sehingga membuat mereka untuk mengalami ketagihan mengonsumsi makanan tidak sehat seperti junk food.

Makanan olahan juga rendah protein, serat dan mikronutrien yang apabila dikonsumsi terlalu sering berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Mengonsumsi makanan plant-based

Penelitian menunjukkan bahwa diet plant-based atau diet nabati mampu mencegah obesitas. 

Menurut beberapa studi, menyeimbangkan diet dengan memasukkan diet plant-based mampu mengurangi risiko mengembangkan penyakit serius seperti diabetes dan penyakit kardiovaskular.

YesDok Ads