Nutrisi Sehat Bantu Ibu Hamil Lebih Kuat di Trimester Pertama Kehamilan

October 16, 2021 | Iman

Ibu hamil

Kebutuhan nutrisi dan gizi yang seimbang harus selalu terpenuhi, khususnya di trimester pertama kehamilan. Pada usia kehamilan 0 - 12 minggu, janin membutuhkan nutrisi baik demi menunjang perkembangannya.

Oleh karena itu, ibu hamil tidak boleh sembarang memilih asupan karena harus memikirkan pertumbuhan calon bayi di awal kehidupannya. 

Pemenuhan nutrisi pada kehamilan trimester pertama merupakan hal mutlak yang harus diterapkan oleh Bumil.

Kehamilan trimester pertama merupakan fase awal pembentukan seperti halnya membangun rumah.

Peran protein dibutuhkan agar semua bahan baku pembentukan jaringan tubuh dapat tercukupi. Selain itu, protein juga berperan dalam membantu sistem imun Ibu hamil agar tidak mudah sakit.

Selain telur, rekomendasi makanan kaya protein yang wajib dikonsumsi antara lain daging tanpa lemak, ikan dan juga kacang-kacangan atau tahu tempe sebagai sumber protein nabati.

YesDok Ads

Selain itu karbohidrat dan lemak merupakan zat pelengkap protein untuk menjaga stamina ibu hamil beserta bayi di dalam kandungan. Perubahan fisik dan juga emosional yang dialami ibu hamil tentunya dapat menyebabkan tubuh menjadi lebih lelah.

Asupan karbohidrat untuk bumil bisa didapatkan dari beras merah, gandum utuh, buah-buahan dan juga sayuran seperti kentang, jagung dan brokoli. Sementara asupan lemak sehat bisa didapatkan dari ikan, alpukat dan juga kacang-kacangan.

Ibu hamil juga membutuhkan asupan vitamin dan mineral lainnya seperti zat besi, kalsium dan Vitamin B3.

Zat besi dapat diperoleh dari daging sapi, telur, biji-bijian dan juga kacang-kacangan. Kalsium yang dibutuhkan ibu hamil berasal dari sayuran hijau dan kacang-kacangan. Sementara vitamin B3 bisa diperoleh dari protein hewani termasuk ikan, roti dan biji-bijian. Untuk melengkapi santapan penuh nutrisi, ibu hamil juga disarankan untuk minum susu secara teratur.

(Foto: pixabay)

YesDok Ads