Nutrisi ini Bermanfaat untuk Mengurangi Nyeri saat Menstruasi

January 08, 2020 | Iman

Makanan kaya zat besi

Momen saat menstruasi bisa dibilang sangat tidak menyenangkan sama sekali bagi setiap perempuan. Meskipun ada sebagian perempuan yang cukup mudah untuk melewati awal-awal datangnya menstruasi tanpa gejala apa pun, namun ada juga yang mengalami kesulitan saat menstruasi dan tidak bisa beraktivitas secara normal karena adanya beberapa keluhan seperti kram, sakit kepala, dan gejala menstruasi lainnya. 

Untuk menyiasati hal tersebut, tidak sedikit perempuan yang minum pil dan mencoba pengobatan rumahan yang ada untuk meredakan gejalanya. Perlu diketahui, ada cara lain yang lebih sederhana yang bisa anda lakukan untuk mengatasi nyeri saat menstruasi yang tidak menyenangkan. 

Salah satunya adalah Anda harus melakukan perubahan kecil dalam program diet Anda. Selain dari asupan air yang cukup, masukkan juga beberapa nutrisi dalam diet Anda,  karena diyakini dapat membantu meringankan rasa sakit dan kram. Berikut nutrisi yang bisa anda masukkan ke dalam menu diet anda.

1.Zat Besi

Menstruasi yang membuat anda kesakitan dapat menyebabkan anemia karena kekurangan zat besi dalam tubuh, sehingga dapat menyebabkan perubahan suasana hati dan tubuh yang lemah. Tambahkan makanan sehat yang kaya akan kandungan zat besi seperti kacang-kacangan, cokelat hitam, sayuran berdaun hijau, biji bunga matahari, dalam makanan Anda.

2.Magnesium

Magnesium dikenal dapat membantu meningkatkan kecemasan, masalah tidur, sakit kepala dan bahkan cukup efektif dalam mengurangi gejala kram saat menstruasi. Anda bisa memasukkan bahan makanan seperti kacang mete, kedelai, bayam, almond, alpukat, pisang dan kacang-kacangan dalam menu diet Anda.

YesDok Ads

3.Serat

Selain kram dan sakit kepala, rasa kembung juga merupakan gejala umum menstruasi yang biasa dijumpai, kondisi membuat Anda merasa tidak nyaman dan membuat Anda tidak sabar. Beberapa makanan seperti Apel, kacang-kacangan, biji chia, ubi jalar adalah makanan kaya serat dan Anda bisa makan secara terus menerus karena menyehatkan.

4.Vitamin B

Telur, makanan laut, kacang-kacangan, dan biji-bijian adalah beberapa makanan dengan sumber vitamin B yang baik dan harus Anda masukkan ke dalam menu diet. Asupan vitamin B sangat penting karena dapat mengurangi semua gejala siklus menstruasi bulanan seperti nyeri, kram, bahkan kelelahan.

5.Kalsium

Selama menstruasi, Jangan lupa juga menambah asupan kalsium karena dapat mengurangi kram menstruasi, kembung dan retensi air dalam tubuh. Anda bisa mengonsumsi produk-produk susu seperti susu atau yoghurt, kacang almond, atau sayuran brokoli, dan sayuran hijau dalam diet Anda.

(Foto : naturalfoodseries)

YesDok Ads