0 Point
Seorang wanita sedang ngemil

Nafsu Makan Menurun? Ini Penyebabnya!

Rasa lapar merupakan sensasi yang ditimbulkan dari sinyal tubuh yang memerintahkan otak bahwa perut sedang dalam keadaan kosong dan membutuhkan asupan. 

Banyak hal yang bisa memengaruhi nafsu makan, berbagai faktor seperti usia, pengobatan yang sedang dijalani saat ini dan kondisi kesehatan fisik serta mental.

Sensasi lapar bisa terasa seperti rasa perut yang menggerogoti dan peningkatan nafsu makan yang tinggi. Jika Anda merasa lapar, perut mungkin menghasilkan suara gemuruh. 

Namun, apa yang terjadi ketika nafsu makan menurun sehingga perut jarang terasa lapar?

Faktor penyebab

Usia

 Menurut artikel lansiran Healthline, sekitar 15 hingga 30% orang lansia diperkirakan mengalami penurunan nafsu makan akibat proses metabolisme dan kebutuhan energi yang lebih rendah. Faktor lainnya termasuk

  • Penurunan respons hormon
  • Berkurangnya indera perasa 
  • Kesehatan gigi yang semakin buruk
  • Penyakit kronis 

Hipotiroid

Hipotiroidisme dan hipotiroid adalah kondisi medis yang terjadi ketika kelenjar tiroid tidak mampu memproduksi cukup hormon tiroid sehingga membuat fungsi organ tubuh menjadi menurun. Akibatnya, sedikit energi yang terpakai dan rasa lapar berkurang.

Depresi dan kecemasan

Gangguan mental tertentu seperti depresi dan gangguan kecemasan umum juga dapat memengaruhi nafsu makan. Dalam salah satu studi, penelitian menemukan adanya hubungan yang erat dengan penurunan nafsu makan pada individu dengan depresi mayor atau Major Depressive Episode

Stres

Tak hanya memengaruhi gejala psikis, stress juga dapat mengakibatkan gangguan pencernaan yang membuat nafsu makan Anda turun. 

Ketika Anda stres, reaksi tubuh menganggapnya sebagai ancaman yang berbahaya. Lalu, otak melepaskan bahan kimiawi dan adrenalin yang dapat memperkencang detak jantung dan memperlambat respon tubuh terhadap lapar sehingga membuat berkurangnya selera makan. 

Bagaimana cara menambah nafsu makan? 

Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan nafsu makan

  • Fokus pada asupan makanan yang penuh nutrisi
  • Tentukan dan jadwalkan waktu makan dan ngemil
  • Makan dengan porsi yang kecil tetapi sering
  • Cobalah untuk memasak makanan favorit Anda 
SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok