Mungkinkah Monkeypox dapat Menular dari Pakaian?

August 12, 2022 | Helmi

monkeypox menular dari pakaian

Ketika kasus cacar monyet meningkat secara global, para kesehatan telah memperingatkan bahwa virus ini terutama menyebar melalui kontak kulit langsung dengan adanya lesi. 

Tetapi menurut CDC, virus cacar seperti cacar monyet dapat bertahan hidup di seprai dan pakaian. Virus ini juga dapat hidup di lingkungan yang gelap, sejuk, dan dengan kelembapan rendah. 

Menjaga cucian Anda tetap bersih baik untuk kesehatan Anda dan mungkin sangat penting jika Anda atau seseorang yang dekat dengan Anda menderita cacar monyet. CDC mengatakan virus dapat menyebar ke pakaian ketika menyentuh ruam atau cairan tubuh seseorang dengan cacar monyet. Kain rumah tangga biasa lainnya seperti seprai dan handuk juga berpotensi menyebarkan virus.

Robert Glatter, MD, seorang dokter pengobatan darurat di Lenox Hill Hospital di New York City, mengatakan monkeypox dapat hidup dalam pakaian begitu lama karena bahan seperti kapas lebih berpori dan bernapas daripada permukaan plastik atau logam.

YesDok Ads

“Disarankan bagi penderita cacar monyet untuk mencuci sendiri, dengan asumsi mereka merasa cukup sehat,” katanya. “Orang yang mencuci pakaian untuk mereka yang terinfeksi harus memakai sarung tangan, gaun, dan masker untuk mengurangi potensi penularan.”

Glatter merekomendasikan menggunakan air panas saat mencuci pakaian yang pernah ditemui seseorang yang menderita cacar monyet. 

Tetapi penting untuk dicatat bahwa meskipun cacar monyet dapat menyebar dari menyentuh pakaian dan kain, Glatter mengatakan bahwa risiko terjadinya hal ini sangat minim, dibandingkan dengan risiko dari kontak kulit ke kulit. 

Dia mengatakan bahwa mencuci tangan dengan sabun dan air hangat atau menggunakan pembersih tangan setelah kontak langsung dengan penderita monkeypox sangat dianjurkan. 

YesDok Ads