Muncul Garis Hitam di Perut saat Hamil, Bahayakah?

August 03, 2022 | Claudia

Garis Hitam Di Perut Saat Hamil

Di masa kehamilan, banyak wanita yang bertanya-tanya, mengapa muncul garis-garis hitam pada perutnya? Garis hitam di perut saat hamil disebut dengan linea nigra. 

Garis hitam ini biasanya muncul mulai dari tulang kemaluan hingga ke arah pusar, namun, garis hitam ini juga bisa memanjang di atas perut.

Kemunculan garis hitam di perut saat hamil ini sebenarnya tidak perlu dikhawatirkan, karena ini merupakan kondisi normal yang terjadi selama masa kehamilan. Namun, tampilannya yang kadang terlihat jelas tetap saja membuat seseorang menjadi kurang percaya diri dibuatnya.

Munculnya garis hitam di perut saat hamil disebabkan karena adanya kenaikan kadar hormon estrogen dan progesteron. Kedua hormon ini merangsang sel melanosit untuk menghasilkan melanin, yakni pigmen kulit yang berwarna gelap. Selain perubahan hormon, garis hitam di perut saat hamil juga bisa terjadi akibat proses metabolisme dan imunologis.

Garis hitam di perut saat hamil ini biasanya muncul di bulan ke-5 masa kehamilan, atau bisa juga lebih awal. Selain di perut, melanin produksi melanin juga bisa terjadi di area kulit lain, misalnya di dekat puting payudara.

Anda tidak perlu mengkhawatirkan munculnya garis hitam di perut saat hamil ini secara berlebihan, sebab, ini akan hilang dengan sendirinya dalam waktu 9–12 bulan setelah melahirkan. Jika menyusui, garis hitam ini mungkin akan membutuhkan waktu lebih lama untuk benar-benar menghilang dari kulit. Meski begitu, ini bukan kondisi permanen yang harus dikhawatirkan.

YesDok Ads

Anda bisa menggunakan body lotion atau krim yang dapat membantu mencerahkan kulit, untuk membantu menghilangkan linea nigra lebih cepat. Akan tetapi, konsultasikan dulu dengan dokter, karena dikhawatirkan pemakaian krim-krim ini akan berdampak pada kesehatan Anda, terutama jika Anda masih dalam masa kehamilan atau tengah menyusui.

Munculnya garis hitam di perut saat hamil tidak akan berpengaruh apa pun terhadap kondisi kehamilan, sehingga Anda tidak perlu mencemaskannya secara berlebihan.

Makanan yang mengandung asam folat disebut bisa membantu mencegah munculnya linea nigra. Anda bisa mengonsumsi jeruk, sayuran berdaun hijau, dan gandum untuk mendapatkan kandungan nutrisi ini.

Selain itu, penggunaan sunblock juga mungkin diperlukan, untuk mengurangi pembentukan melanin yang akan membuat kondisi linea nigra semakin gelap.

(Foto: goodto.com)

YesDok Ads