Muncul Flek Hitam di Tangan, Apa Penyebab dan Bagaimana Mengatasinya?

October 06, 2022 | Claudia

Flek Hitam Di Tangan

Flek hitam di tangan umumnya muncul seiring dengan bertambahnya usia seseorang. Ini merupakan salah satu tanda penuaan yang kerap dikhawatirkan, karena memang dapat mengganggu penampilan seseorang.

Paparan sinar ultraviolet (UV) yang terlalu tinggi, juga bisa menjadi penyebab munculnya flek hitam di tangan. Sinar UV menyebabkan sel-sel kulit kita memproduksi melanin dalam kecepatan yang tinggi, sehingga tangan yang sering terpapar sinar UV pun akan menjadi salah satu bagian tubuh tempat flek hitam muncul.

Untuk itu, rutin mengaplikasikan tabir surya atau sunscreen secara teratur, harus dilakukan guna meminimalisasi tampilan flek hitam di tangan.

Menurut salah satu studi di tahun 2013, para peneliti menemukan bahwa, dari 214 pengunjung pantai yang disurvei, kurang dari setengahnya mengoleskan sunscreen ke punggung tangan. Dari temuan ini, maka tak heran jika flek hitam lebih awal muncul di tangan karena tangan kerap kali terabaikan perlindungannya.

Penggunaan sunscreen tak hanya mencegah munculnya tanda penuaan lebih dini, tapi juga dapat melindungi Anda dari masalah kesehatan yang serius, seperti kanker kulit, terutama karsinoma sel skuamosa.

Selain pencegahan dengan tabir surya, ada juga beberapa cara mengurangi tampilan flek hitam di tangan, seperti:

Penggunaan skincare

Meski penggunaan skincare tak akan menghilangkan flek hitam di tangan sepenuhnya, akan tetapi, ini bisa membantu meringankan tampilan flek hitam dan mencegah produksi melanin berlebih. Ada beberapa kandungan skincare yang bisa membantu mengurangi tampilan flek hitam di tangan, yakni:

  • Tranexamic acid atau asam traneksamat
  • Glycolic acid atau asam glikolat
  • Kojic acid atau asam kojic
  • Ekstrak akar licorice
  • Niacinamide
  • Vitamin C

Anda bisa mengaplikasikan krim pelembap atau serum ke kulit tangan Anda. namun, jika menemukan flek yang tidak biasa, seperti memiliki cincin di sekitar flek yang berwarna lebih gelap, segera periksakan kondisi ini ke dokter kulit, untuk mengetahui kemungkinan kanker kulit.

Intense-pulsed light (IPL)

Pilihan termudah dan paling efektif untuk mengatasi flek hitam di tangan adalah dengan melakukan perawatan IPL. Perawatan ini bekerja dengan menghancurkan pigmen, menyebabkan flek menjadi lebih gelap, namun mengelupas setelah sekitar satu minggu. Akan tetapi, mungkin diperlukan sekitar empat sesi perawatan IPL untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam mengurangi tampilan flek hitam.

Chemical peeling

Chemical peeling dilakukan dengan cara mengoleskan asam yang membakar lapisa luar kulit pada area yang ingin mendapat perawatan, misalnya di tangan untuk menguranggi tampilan flek hitam. Saat lapisan kulit luar mulai mengelupas, maka lapisan kulit baru yang lebih sehat akan terbentuk.

Efek samping perawatan dengan chemical peeling yang mungkin terjadi adalah, rasa panas, gatal, atau iritasi di kulit, dan kulit kering. Pastikan Anda melakukan perawatan ini dengan dokter kulit, dan jangan asal melakukannya sendirian atau dengan seseorang yang tidak profesional.

(Foto: medicalnewstoday.com)

YesDok Ads