Muncul Bintik Putih di Lidah, Apa Artinya?

July 12, 2022 | Claudia

Bintik putih di lidah

Apakah Anda rutin memeriksakan kondisi lidah Anda? Pernahkah Anda melihat adanya bintik putih di lidah yang juga disertai ketidaknyamanan atau rasa sakit?

Bintik putih di lidah sering terjadi karena berbagai hal. Penyebabnya berkisar dari hal yang kecil, seperti cedera saat mengunyah, hingga kondisi kesehatan yang serius seperti kanker. Beberapa jenis kondisi bintik putih di lidah bahkan muncul lebih sering pada orang-orang dengan sistem kekebalan yang terganggu.

Berikut merupakan enam penyebab munculnya bintik putih di lidah:

Cedera

Jika Anda memiliki gigi dengan pinggiran yang tajam, ini bisa menyebabkan munculnya bintik putih di lidah, karena lidah membentuk lapisan pelindung yang lebih tebal, serupa kapalan di kulit kaki. Bintik-bintik yang muncul biasanya akan terasa sakit, namun jika cedera lebih parah akibat lidah tergigit dengan keras, maka tak hanya bintip putih, tapi sariawan juga bisa terbentuk di lidah Anda.

Kandidiasis mulut

Kandidiasis mulut adalah infeksi jamur yang terjadi akibat pertumbuhan jamur Candida albicans yang tidak terkendali di mulut. Kondisi ini umum terjadi pada orang yang memiliki kebiasaan merokok, atau memiliki kondisi mulut kering, dan menyebabkan munculnya bintik putih di lidah.

Orang-orang dengan gangguan kekebalan tubuh memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami kandidiasis. Secara khusus, orang-orang dengan penyakit HIV/AIDS dan kanker, memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami kandidiasis.

Selain munculnya bercak putih di lidah, gejala lain dari kandidiasis adalah:

  • Muncul rasa sakit
  • Kemerahan
  • Lidah mengalami pengurangan kemampuan dalam mengecap rasa
  • Sensasi seperti ada kapas di dalam mulut

Human papillomavirus (HPV)

HPV adalah infeksi menular seksual yang tidak hanya memengaruhi alat kelamin, tapi juga mulut dan tenggorokan. Hal ini bisa terjadi ketika HPV menular lewat seks oral atau ciuman.

Infeksi HPV bisa menyebabkan munculnya bintik putih di lidah. Infeksi HPV sangat menular, untuk itu, sebaiknya hindari aktivitas seksual agar tidak menularkannya ke orang lain.

Kanker

Penyebab paling serius dari munculnya bintik putih di lidah adalah kanker atau prakanker. Salah satu contohnya adalah leukoplakia, yang bisa menyebabkan munculnya bercak putih di lidah tanpa gejala. Karsinoma sel skuamosa adalah jenis kanker paling umum, yang ditemukan di area lidah, dan menyebabkan munculnya bintik-bintik putih.

(Foto:  topsummerlindentist.com)

YesDok Ads