Muncul Benjolan di Langit-langit Mulut, Apa Sebabnya?

August 22, 2019 | Claudia

Pernahkah Anda merasakan ada sesuatu yang mengganjal di langit-langit mulut Anda? Bisa jadi, benjolan tumbuh pada langit-langit mulut Anda. Kondisi ini bukanlah masalah sepele yang bisa diabaikan begitu saja. Apalagi jika benjolan di langit-langit mulut bertahan dalam waktu yang lama dan sulit hilang.

Beberapa kasus benjolan di langit-langit mulut memang dapat disembuhkan dengan cepat, dan tidak perlu terlalu dikhawatirkan. Tapi tetap saja, beberapa kasus juga menunjukkan bahwa benjolan merupakan pertanda dari kondisi kesehatan yang lebih serius.

Untuk lebih mengetahui apakah benjolan di langit-langit mulut merupakan suatu kondisi yang berbahaya atau tidak, simak ulasan mengenai penyebab munculnya benjolan di langit-langit mulut berikut ini:

Luka bakar

Luka bakar juga dapat terjadi di mulut. Ada dua hal yang bisa menyebabkan terjadinya luka bakar di mulut, yakni mengonsumsi makanan atau minuman yang panas, dan juga bahan kimia yang berbahaya. Luka bakar ini tak hanya memengaruhi lidah, namun juga langit-langit mulut Anda. Jika luka bakar cukup parah, benjolan di langit-langit mulut dapat terbentuk.

Luka bakar ringan biasanya dapat sembuh dengan sendirinya, asal seseorang bisa sangat berhati-hati untuk menghindari iritasi lebih lanjut pada bagian langit-langit yang terkena luka bakar.

YesDok Ads

Sariawan

Sariawan merupakan luka terbuka yang muncul di area mulut. Sariawan biasanya berwarna putih, kuning atau merah muda pucat dan sangat sensitif, bahkan terasa sangat sakit. Sariawan paling umum muncul di bibir, gusi dan bagian dalam pipi, namun sariawan juga bisa muncul di tempat lain seperti langit-langit mulut.

Ada berbagai hal yang menjadi penyebab sariawan, termasuk menggigit bagian dalam pipi saat mengunyah, menggigit lidah dan menggaruk langit-langit mulut. Sariawan biasanya hilang dalam beberapa minggu dan tidak menular, namun sariawan bisa menimbulkan rasa sakit yang sangat tidak nyaman dan ini akan membuat Anda kesulitan untuk makan.

Mucocele

Mucocele atau kista mukosa mulut merupakan sebuah benjolan yang berada di rongga mulut. Kista ini terbentuk karena kelenjar liur yang teriritasi atau meradang. Mucocel muncul akibat trauma yang dialami oleh kelenjar liur, sehingga kelenjar liur tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Mucocele biasanya bukan kondisi yang sangat serius, penyakit ini bahkan bisa disembuhkan tanpa pengobatan meskipun harus memakan waktu beberapa minggu.

(Foto: flo.health)

YesDok Ads