MPASI Instan, Aman, Tidak, untuk Si Kecil?

May 13, 2022 | Claudia

MPASI instan

Saat sudah melewati usia 6 bulan, bayi Anda sudah tidak cukup jika hanya diberikan air susu ibu (ASI). Untuk mencukupi kebutuhan gizinya, orang tua perlu memberikan si kecil makanan pendamping ASI atau MPASI. 

Sudah banyak sekali resep MPASI yang bertebaran di internet, yang bisa diikuti oleh ibu atau ayah di rumah. Namun, bagi orang tua yang sibuk, kadang MPASI jadi tidak sempat disiapkan sendiri, sehingga MPASI instan menjadi salah satu solusi yang membantu. Namun, masih banyak keraguan, amankah MPASI instan untuk si buah hati?

Saat mendengar kata “instan” banyak orang sudah memberikan cap buruk. Inilah yang membuat banyak orang tua ragu memberikan MPASI instan pada anaknya. Padahal, MPASI instan untuk bayi tidak dibuat sembarangan, Produksi MPASI instan harus dibuat berdasarkan ketentuan khusus yang ditetapkan oleh organisasi kesehatan dunia atau WHO.

Ketentuan ini biasanya meliputi standar keamanan, higienitas, dan kandungan nutrisi di dalamnya. Meski memang, MPASI instan mengandung bahan pengawet, yang juga menjadi kekhawatiran utama bagi orang tua untuk memberikannya pada si kecil. Akan tetapi, pengawet dalam MPASI instan ini terbilang aman untuk konsumsi bayi, jadi orang tua tidak perlu cemas.

YesDok Ads

Di samping itu, MPASI instan sudah terjamin dibuat dengan steril, dan kandungan mikro dan makronutrien di dalamnya juga sudah disesuaikan dengan kebutuhan bayi. Bahkan, MPASI instan juga sudah difortifikasi dengan kandungan seperti vitamin, mineral, omega-3, dan DHA, sehingga orang tua tidak perlu khawatir anak akan kekurangan gizi jika mengonsumsinya.

Namun, orang tua memang tidak disarankan untuk memberikan MPASI instan pada bayi secara terus-menerus. Ini bisa membuat bayi tidak mengenal menu makanan segar yang dimasak sendiri dan disajikan di rumah. Selain itu, terlalu sering memberikan MPASI instan pada bayi juga berpotensi menyebabkan bayi kehilangan kesempatan untuk mengenali cita rasa makanan yang sebenarnya.

Jadi, apakah aman memberikan MPASI instan pada bayi? Jawabannya, tentu saja aman. Bahkan MPASI instan juga bisa memberikan banyak nutrisi lain yang dibutuhkan oleh si kecil. Namun penting untuk diingat, agar orang tua tidak terlalu sering memberikan MPASI instan pada bayi. Berikanlah ia berbagai macam makanan, sehingga si kecil bisa mengeksplorasi berbagai rasa yang terkandung dalam makanan yang dikonsumsinya.

(Foto: colourfulgiggles.com)

YesDok Ads